18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 January 2017 08:00

Warga Pucangarum Perbaiki Tanggul Kali Ingas

Reporter : Dita Afuzal Ulya

blokBojonegoro.com - Puluhan masyarakat bersama seluruh aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Pucangarum, Kecamatan Baureno, Bojonegoro telah melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul kali apur ingas yang jebol pada awal Desember 2016 kemarin. Kerja bakti itu untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Kades Pucangarum Baureno, Sanawi mengatakan, perbaikan tanggung kali apur ingas ini dilakukan secara gotong royong mulai dari warga, perangkat desa ikut andil dalam perbaikan tanggul Kali Apur Ingas ini.

 "Mengingat banjir susulan yang kemungkinan akan terjadi lagi pada bulan Februari mendatang," jelas Kepala Desa Pucangarum, Sanawi.

Tanggul kali ingas yang berada di tengah sawah itu jebol sekitar 50 meter pada awal bulan Desember 2016 kemarin. Tanggul tersebut tidak mampu menahan tingginya debit air luapan dari Sungai Bengawan Solo yang berada di utara desa setempat. Titik jebolan kedalamannya sekitar 3 meter.

"Perbaikan tanggul kita lakukan seperti semula, tetapi kita beri otot terlebih dahulu dengan pohon bambu yang jaraknya satu meter persegi, juga kita beri penahan gedek dari bambu. Kita sudah mengusulkan kepada Dinas Pengairan, rencana dalam waktu dekat alat beratnya akan datang untuk melakukan pengurukan tanah," paparnya.

Menurut Sanawi, akibat jebolnya tanggul kali ingas itu, lahan pertanian seluas 227 hektar di desa setempat terendam air dan mengalami gagal panen. Selain itu ribuan hektar lahan pertanian yang tersebar di sepuluh desa di Kecamatan Baureno dan Kanor juga mengalami gagal panen, gara-gara putusnya tanggul tersebut.

"Selama tahun 2016 kemarin terjadi dua kali tanggul ingas yang jebol. Alhamdulillah yang titik jebolan pertama sudah kita tangani," ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga kini masyarakat setempat belum berani melakukan tanam padi lagi. Sebab, khawatir tanaman padinya akan tenggelam lagi. "Kita menunggu cuaca dan perbaikan tanggul dahulu. Mungkin nanti tanamnya serentak pada awal bulan Mei," tuturnya.[ita/ito]

Tag : pucangarum, baureno, tanggul, kali, Ingas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat