13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hati-hati, Tisu Basah Bisa Sebabkan Ruam Kulit Bayi

blokbojonegoro.com | Monday, 16 January 2017 07:00

Hati-hati, Tisu Basah Bisa Sebabkan Ruam Kulit Bayi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kulit yang masih sensitif membuat bayi rentan terkena ruam. Ruam umumnya terjadi di daerah popok yang lembab, tapi kini semakin banyak orangtua yang melaporkan bahwa bayi mereka mengalami reaksi alergi parah pada kulit tangan dan wajah akibat penggunaan tisu basah bayi.

Menurut ahli dari laboratorium Health, Beauty and Environmental Sciences di Good Housekeeping Institute, beberapa tisu basah bayi mengandung bahan pengawet yang disebut methylisothiazolinone (MI), yang dapat menyebabkan reaksi alergi berupa ruam jika dibiarkan terlalu sering dan lama pada kulit bayi.

Sabina Wizemann, Chemist Senior di laboratprium tersebut juga menjelaskan MI juga bisa terdapat pada produk “kecantikan” tubuh bayi, seperti losion.

"Kami merekomendasikan untuk menghindari dahulu penggunaan losion, krim wajah, dan tisu bayi yang mengandung MI," kata Sabina.

"Sedangkan kandungan MI pada shampo dan kondisioner bayi terbilang lebih kecil dan dinilai aman oleh Cosmetic Ingredient Review (CIR), sebuah organisasi penelitian di Amerika Serikat."

Para ahli telah menyelidiki bahaya MI sejak tahun 1994, ketika CIR mengevaluasi bukti klinis bahwa MI dapat menyebabkan reaksi alergi.

Sayangnya, sekitar 20 tahun kemudian, mereka menganggap bahwa MI aman dalam konsentrasi kecil (0,01%) untuk produk shampo atau kondisioner. Sedang tahun ini, Uni Eropa setuju untuk melarang MI sebagai bahan pengawet dalam produk kosmetik.

Perusahaan besar, seperti Pampers dan Huggies, sudah tidak menggunakan MI dalam produk mereka, dan para ahli menyarankan Anda untuk melihat daftar bahan sebelum Anda membeli produk popok dan produk yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

Perlu diingat bahwa bahkan produk yang dipasarkan sebagai "natural” atau “alami" ada yang mengandung MI. Kami merekomendasikan untuk menggunakan popok bayi yang tidak mengandung jejak MI.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/15/115623223/hati-hati.tisu.basah.bisa.sebabkan.ruam.kulit.bayi

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat