13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Difabel Bojonegoro Ikuti Pelatihan Pengelolaan Makanan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 January 2017 12:00

Difabel Bojonegoro Ikuti Pelatihan Pengelolaan Makanan

Reporter : Dita Afuzal Ulya

blokBojonegoro.com -
Sebanyak 30 difabel di Bojonegoro  mengikuti pelatihan keterampilan pengolahan makanan pasca panen di Balai Latihan Kerja (BLK). Pelatihan warga berkebutuhan khusus ini diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro, dengan Yayasan Difabel Kabupaten Bojonegoro (YDKB), Rabu(18/1/2017).

Perwakilan PIB, Arifin menuturkan, para anggota PDKB tersebut hari ini dilatih membuat kue karamel, kue kering, dan putri salju. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta bisa meningkatkan produktivitas usaha makanan yang selama ini sudah mereka mulai. "Selain memberi pelatihan, EMCL juga memberi alat berupa oven," ungkapnya.

Menurut Arifin, program ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan usaha produktif yang dilaksanakan oleh PIB Bojonegoro. Akan ada empat jenis pelatihan yang diselenggarakan PIB dengan dukungan penuh dari EMCL. Yaitu, Pelatihan produk olahan, Pelatihan kewirausahaan, Pelatihan usaha budidaya Jamur dan Hortikultura, serta Pelatihan Teknik Intensifikasi Lahan. "Insya Allah total tahun ini akan ada 22 kelas," ucapnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso menyampaikan terima kasih kepada EMCL dan PIB Bojonegoro yang telah memberikan pelatihan kepada perkumpulan disabilitas. Bagi dia, dukungan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap disabilitas yang ada di Kota Ledre.

Dia berharap, pelatihan ini bisa dioptimalkan sebaik mungkin dan bisa dipraktekan di rumah sehingga menjadi usaha yang produktif. "Selain itu alat yg dberikan oleh EMCL bisa dimanfaat sebaik mungkin dijaga dan dirawat. Walaupun dengan keterbatasan kita tetap menggali potensi diri dan tetap semangat," paparnya.

Ketua paguyuban difabel dari Yayasan Difabel Kabupaten Bojonegoro (YDKB), Sanawi merasa bangga bisa mendapat dukungan dalam kegiatan ini. Karena dengan keterbatasan, tutur dia, kaum difabel tetap bisa berusaha. Hal seperti ini, bagi dia, adalah modal hidup bermasyarakat. "Orang akan berfikir sepuluh kali lipat untuk menghina kita, karena dengan keterbatasan yang kita miliki kita masih ada manfaatnya," kata dia bersemangat.[ita/ito]

Tag : emcl, pib, ydkb, difabel, blk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat