13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cerita-Ku

Serunya Wisata Religi dan Study Kampus di Surabaya-Madura

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 January 2017 13:00

Serunya Wisata Religi dan Study Kampus di Surabaya-Madura

Pengirim : Malihatul Masnu`ah*

blokBojonegoro.com -
Untuk mengisi kegiatan sekolah, MA Abu Darrin mengadakan study kampus juga wisata religi ke daerah Surabaya dan madura. Kegiatan ini diawali tahlil di makam Masyayeikh Kendal yang sudah menjadi tradisi Yayasan Abu Darrin untuk ziarah ke makam pendiri muassis MA Abu Darrin kendal.

Pukul 19.15 tepatnya setelah isya’ semua rombongan siap untuk ziarah ke makam, dan setelah itu semuanya masuk menuju bus masing-masing dan berangkat menuju Kota Pahlawan Surabaya.

Sebelum ke kampus, tepat pada pukul 01.00, rombongan melakukan wisata religi ke makam Sunan Ampel Denta, lalu melanjutkan perjalanan menuju ke makam Syaikhona Kholil di Pulau Garam Bangkalan Madura. Tak cukup lama di sana, perjalanan dilajut lagi ke Pondok Pesantren Salaf Syaikhona Kholil Bangkalan.

Di sana rombangan dari MA Abu Darrin sampai pukul 06.45, setelah itu melanjutkan perjalanan ke Universitas Trunojoyo Madura. Agenda kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dengan sambutan dari Bapak Darjan, perwakilan dari Kepala Sekolah MA Abu Darrin. Dan setelah itu dilanjut sambutan dari pihak Kampus Trunojoyo yang menjelaskan Fakultas dan jurusan yang ada di Trunojoyo juga bagaimana cara dapat masuk ke kampus tersebut.

Setelah kegiatan study kampus di Trunojoyo, tepatnya pada pukul 10.00, perjalanan dilanjutkan menuju ke kampus Unair Surabaya, sesampainya di sana rombongan langsung melaksanakan salat dzuhur jama’ taqdim qoshor di masjid Unair. Ini merupakan praktek untuk siswa-siswi Ma Abu Darrin saat bepergian jauh agar tidak meninggalkan kewajiban menjalankan salat.

Setelah selesai salat rombongan bergegas menuju gedung yang sangat tinggi dan juga mewah dengan fasilitas yang sangat lengkap. Melihat gedungnya saja, sudah menumbuhkan keinginan siswa-siswi untuk bisa melanjutkan kuliah di sana. Karena kampus ini termasuk salah satu kampus terbaik di Indonesia. Jadi, tak mudah bagi para pelajar untuk bisa masuk ke kampus tersebut. Namun ada dari pihak guru MA Abu Darrin yang lulusan dari Unair, dan kebetulan beliau juga alumni Abu Darrin. Itu memotivasi siswa-siswi agar tak putus semangat dalam meraih cita-cita yang tinggi.

Kesan penulis saat di sana, adalah memperoleh banyak pengalaman dan juga ilmu yang bisa membuat lebih semangat dalam belajar dan juga berusaha. Dan pesan untuk seluruh siswa maupun siswi di Indonesia adalah semangat dalam menuntut ilmu, wujudkan semua cita-cita. Kita semua BISA, Yakin Bismillah! Manjadda. [mu]

*Pengirim adalah siswi MA Abu Darrin Jurusan AGAMA

Tag : wisata, religi, abu darrin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat