13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perangi Narkoba, PC Muslimat NU Bentuk Laskar Anti Narkoba

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 February 2017 17:00

Perangi Narkoba, PC Muslimat NU Bentuk Laskar Anti Narkoba

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keseriusan NU di Kabupaten Bojonegoro untuk membantu pemerintah dan juga mendidik generasi penerus bangsa salah satunya ditunjukkan lewat Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, dengan ikut andil memerangi narkoba di Kota Ledre, sehingga PC Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro membentuk Laskar Anti Narkoba sebagai garda depan pencegahan dan penanggulangan obat terlarang itu di Kota Ledre.

Setelah dideklarasikan di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (4/2/2017), selain diikuti pengurus PC dan PAC (Pimpinan Anak Cabang) Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, juga dihadiri Bupati Bojonegoro, Suyoto, Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro, ketua DPRD Mitro'atin dan wakil ketua DPRD, Sunjani.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, Ririn Muktamiroh, berkomitmen Muslimat NU menginstruksikan supaya menyampaikan pesan kewaspadaan yang harus dibangun untuk mengantisipasi bahaya narkoba dimana pun berada.

"Menyampaikan di setiap forum dan pengajian terkait bahaya narkoba. Jadi, kalau membangun karakter bangsa, kita harus sehat lahir dan batin, jangan sampai mencoba narkoba," terangnya.

Sedangkan Bupati Bojonegoro, Suyoto menyampaikan, kenapa orang menggunakan narkoba? karena sifat manusia adalah ingin selalu bahagia, namun dilakukan dengan cara yang salah.

"Untuk itu tugas orang tua membuat anak-anak kita menjadi terampil dan membuat bahagia dengan cara kerohanian, spiritualitas dan dzikir tidak perlu menggunakan ekstasi," jelasnya.

Menurut Kang Yoto, yang dua kali menjabat Bupati Bojonegoro itu, kalau keterampilan, pertama yang harus diajarkan kepada anak-anak kita dengan cara yang benar, yaitu kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, berfikir kritis bukan sinis, kreatif inovatif dan menjalani hidup dengan rasa syukur.

"Hari ini kita harus bahagia karena lewat pintu laskar anti narkoba Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, kita bisa mendidik generasi kita dengan tanpa menggunakan narkoba," imbuh politisi PAN.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Mitro'atin sangat mengapreasi langkah nyata PC Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya kader-kader Muslimat ada sampai tingkat bawah atau desa, sehingga dengan adanya Laskar Anti Narkoba itu bisa maksimal perannya.

"Bahwa Muslimat NU adalah sebagai ibu-ibu garda terdepan, untuk menyampaikan tentang bahayanya narkoba di tengah-tengah masyarakat," harap ketua Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro memaparkan, jika ganja asalnya dari Aceh dengan tanda bau yang khas dan penggunaanya biasanya seperti orang merokok. Sedangkan heroin lebih menyakitkan karena cara penggunaanya menggunakan jarum suntik dan potensi tertular HIV sangat besar. Begitu pula ekstasi yang memproduksi pertama kali Belanda, karena di sana peredaran narkoba masih bebas.

"Tapi sabu-sabu yang paling mudah dan gampang dicari, karena bisa diproduksi sendiri di dalam Negeri," paparnya.

Bahkan sekarang ini, lanjut Kapolres, ada narkoba jenis baru namanya tembakau gorila berasal dari campuran bahan-bahan kimia atau sintesis. Serta harus waspada dengan permen yang dicampur dengan narkoba dan waspada dengan rokok elektrik yang bahannya dari cairan kimia bernama flaka yang mengandung narkoba.

"Polri saat ini melakukan operasi dengan sandi tumpas Narkoba dan sudah mendapatkan hasil tiga tersangka pengedar narkoba di Bojonegoro," ungkap Kapolres.

Untuk itu dihimbau agar selalu mengawasi putra-putrinya, karena yang paling mempengaruhi adalah faktor pergaulan. "Dengan deklarasi Laskar Anti Narkoba Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, Muslimat NU sebagai mitra Kamtibmas agar ikut serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Serta berperan aktif memberikan informasi terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, baik pelajar maupun dewasa serta memberantas narkoba dengan memberikan informasi ke no Hp kapolres," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : nu, muslimat nu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat