07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaat Mengejutkan Berciuman untuk Kesehatan

blokbojonegoro.com | Saturday, 25 February 2017 07:00

Manfaat Mengejutkan Berciuman untuk Kesehatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Apakah ada sesuatu yang lebih manis daripada berciuman dengan orang yang Anda cintai? Selama berabad-abad, ciuman menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan cinta. Awas jangan asal berciuman kalau belum ada ikatan resmi.

Tapi berciuman bukan hanya baik untuk menunjukkan rasa cinta, melainkan juga baik untuk kesehatan. Ya, ada banyak manfaat sehat dari aktivitas berciuman, yang mungkin tak Anda duga sebelumnya.

1. Mengurangi gejala alergi
Mata gatal dan hidung tersumbat di musim alergi ini? Sebelum membeli obat di apotik, Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam Journal of Psychosomatic menyebutkan, berciuman bibir dengan pasangan selama 30 menit dapat mengurangi gejala alergi pada orang dengan eksim atopik dan alergi musiman skala ringan.

2. Meningkatkan daya tahan terhadap rasa sakit

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 dalam Pharmaceutical Design, menunjukkan bahwa oksitosin (hormon kasih sayang), yang dilepaskan ketika Anda mencium dan memeluk pasangan Anda, dapat mengurangi rasa sakit kronis.

Para peneliti mencatat bahwa oksitosin memiliki sifat analgesik (penghilang rasa sakit), serta kemampuan untuk mengurangi kecemasan dan depresi, yang sering dialami oleh penderita sakit kronis.

3. Menurunkan kadar stres

Berciuman dengan pasangan juga telah terbukti menurunkan tingkat hormon kortisol, atau hormon yang terkait dengan stres.

4. Menjaga mulut tetap bersih
Bukan berarti berciuman bisa menjadi pengganti kewajiban menyikat gigi, tapi menurut beberapa ahli, berciuman dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

"Berciuman merangsang produksi air liur yang berfungsi membersihkan bakteri berbahaya dari gigi dan menurunkan risiko penumpukan plak," jelas Joshua Perlman, DMD, seorang dokter gigi di New York City. Berkurangnya risiko penumpukan plak berarti risiko gigi berlubang juga lebih sedikit.

5. Membantu memilih pasangan

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2007 dalam Psikologi Evolusioner menunjukkan bahwa berciuman dapat membantu Anda menilai pasangan.

Ketika Anda mencium seseorang, Anda bertukar informasi terkait dengan kompleks major histocompatibility (MHC).

MHC adalah kumpulan gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Tujuannya adalah untuk menemukan pasangan yang memiliki sistem kekebalan tubuh berbeda dari Anda (untuk meningkatkan kesempatan anak Anda untuk bertahan hidup), dan ciuman dapat menjadi indikator yang baik apakah garis darah Anda terlalu mirip dengan dia atau tidak.

6. Menyalakan lagi kehidupan seks yang terhenti
Jika kehidupan seks Anda terasa dingin, berpegangan tangan dan berciuman dapat menghangatkannya kembali, kata Ellen Barnard, seorang konsultan seks di Madison, Wisconsin.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/02/24/213500823/manfaat.mengejutkan.berciuman.untuk.kesehatan

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat