15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Muleh Omah Project 2017, Liburan Bermanfaat Ala ABC

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 March 2017 17:00

Muleh Omah Project 2017,  Liburan Bermanfaat Ala ABC

Pengirim:  Deviyanti Wahyu Izati

blokBojonegoro.com - Sebagai program pengabdian kepada daerah, Airlangga Bojonegoro Community (ABC), organisasi mahasiswa daerah yang berasal dari Bojonegoro melaksanakan serangkaian acara bertajuk “Muleh Omah Project 2017”. Rangkaian kegiatan dimulai dengan ABC Goes to School, Airlangga Futsal Competition (AFC), Njungok Ormada, Try Out SBMPTN, 5th Call for Essay and Inspirational Talkshow,  ABC Mengajar dan Mengabdi, dan ABC on Vacation.

Secara teknis,  170 anggota ABC dibagi dalam beberapa kepanitiaan yang bekerja secara sinergis untuk menyukseskan acara. Tujuan kegiatan Muleh Omah Project terdiri atas tujuan internal dan eksternal. Tujuan internal adalah untuk merekatkan anggota ABC, melatih jiwa sosial kepada masyarakat Bojonegoro, serta membuat liburan menjadi produktif dan bermanfaat.

Ketua ABC, Elvinda Shella menjelaskan, kegiatan Muleh Omah Project diharapkan  bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bojonegoro secara luas mulai  tingkat anak-anak SD, SMA hingga warga Lansia. Jadi kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan ABC terhadap kota tercinta dan ingin selalu berkontribusi untuk Bojonegoro.

Dimulai dari ABC Goes to School atau lebih dikenal dengan sosialisasi mengenai Universitas Airlangga yang merupakan kegiatan dari UNAIR SAPA NEGERI, dilakukan mulai tanggal 17 sampai 31 Januari 2017 di 36 sekolah SMA Sederajat yang ada di Bojonegoro. Merupakan acara rutin tahunan.

Dilanjutkan dengan AFC yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari sampai 4 Februari dengan 32 tim yang mendaftar dan hanya bisa diikuti oleh pelajar SMA Sederajat se-Bojonegoro. AFC merupakan program kerja baru di ABC yang dipangku oleh Departemen Seni dan Olahraga. Kompetisi futsal ABC cukup mendapat perhatian di Bojonegoro terlihat saat pertandingan selalu banyak pendukung yang datang, baik dari kalangan pelajar ataupun umum. Acara ini di dukung oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur.

Dilanjutkan dengan kegiatan ketiga “Njungok Ormada” yang dilaksanakan pada tanggal 4 Februari. Yakni, kegiatan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dengan orgaisasi mahasiswa universitas lain yang juga berasal dari Bojonegoro. 14 Organisasi diundang dalam acara ini dengan agenda selain bersilaturahmi juga saling bertukar pikiran mengenai program kerja yang dilakukan oleh organisasi lainnya. 

“Pada tanggal 5 Februari 2017 ABC juga mengadakan Try Out SBMPTN dengan nama “Try Out ABC Sunday Morning” di MAN 1 Bojonegoro. Acara ini termasuk acara tahunan ABC yang selalu banjir antusias pelajar SMA sederajat di Bojonegoro. Tahun ini mencapai 630 peserta mengikuti Try Out simulasi SBMPTN. Acara berjalan dengan lancar dan meriah karena disuguhkan hiburan disaat menunggu hasil Try Out keluar,” ujarnya.

Selanjutnya, acara 5th Call for Essay dan Inspirational Talkshow 2017 diadakan di Pendopo Pemkab Bojonegoro pada tanggal 12 Februari. Dengan tema “Optimalisasi Potensi dan Sumber Daya Bojonegoro dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”, 31 tim dari pelajar SMA Sederajat di Bojonegoro mengumpulan naskah essay dan diseleksi hingga 10 besar. Lomba Essay dimenangkan oleh tim dari SMA 2 Bojonegoro dengan judul “Kemudahan Sederhana Pemenuhan Kebutuhan untuk Mengoptimalkan Potensi Sektor Industri Kreatif di Bojonegoro”.

“Sungguh senang bisa memenangkan lomba essay ini yang sebetulnya kami tidak menyangkanya. Kami hanya berusaha keras dan sisanya pasrah. Dan kami sangat berterimakasih kepada guru-guruku kami yang memberi arahan dan motivasi kepada kami hingga kami bisa menjadi juara. Sebelumnya sempat nervous melihat peserta lain yang dengan percaya diri tampil, dan juga deg-degan saat ditanya oleh dewan juri. Tapi pada akhirnya kami berhasil.” kata Diah Kharisma Putriana dan Rose Diantika, peraih Juara 1.

Dalam Inspirational Talkshow, ABC mendatangkan Sekretaris BKD Bojonegoro Rahmat Junaidi, S.KM, M.Kes, (MARS) yang berbicara tentang sektor industri kreatif, ekonomi dan pariwisata di Bojonegoro, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof. Dr. Soetojo, Sp.U, membahas tentang sumber daya manusia dan peran pendidikan dalam memaksimalkan potensi sumber daya alam dan juga sedikit membahas tentang Universitas Airlangga, serta Humas ExxonMobile Rexy Mawardijayah yang menjelaskan perminyakan Migas Cepu serta Banyu Urip

Acara keenam ABC adalah ABC Mengajar dan Mengabdi yang dilakukan di Desa Pajeng, Kecamatan Gondang pada tanggal 18 Februari 2017. Membutuhkan waktu 1,5 jam dengan jalan yang melewati hutan serta berkelak - kelok menjadikan salah satu acara dari Departemen Pengabdian Masyarakat ini cukup berkesan. ABC Mengajar dilakukan di SDN Pajeng III, merupakan sekolah yang masih terbelakang dan kurang memadai dengan hanya total murid satu sekolah adalah 42 orang. Keadaan sekolah yang bisa dibilang belum memenuhi standar menjadi alasan ABC mengunjungi sekolah ini. Dan sebagai kenang-kenangan ABC menyumbang 2 buah kipas angin untuk sekolah.

Dalam agenda mengabdi, ABC melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Pajeng mengenai bagaimana mengoptimalkan sumber daya alam yang ada disana. Dengan potensi sumber daya alam yang besar disana adalah jagung maka ABC mensosialisasikan mengenai cara mengolah jagung yang tidak hanya langsung dijual mentahan tapi juga bisa diolah dan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. ABC menjelaskan tentang pengolahan jagung matang dan dibuat menjadi kuliner yang menarik. Dengan bahan jagung matang,susu,keju,sirup,dan bawang goreng, jagung dapat diolah menjadi makanan ringan untuk anak-anak dan memiliki nilai jual sebagai penghasil tambahan.

ABC on Vacation dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2017 adalah agenda terakhir yang merupakan liburan bersama keluarga Airlangga Bojonegoro Community di Wisata Bahari Lamongan (WBL). Penutupan kegiatan yang cukup menyenangkan untuk ABC karena dapat melepaskan penat setelah melakukan serangkaian kegiatan Muleh Omah Project di tahun ini dan menjadikan liburan semester gasal ini adalah liburan yang tidak hanya untuk bersenang – senang tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro.

#MulehOmahProject tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, seperti pengemasan, konsep dan acara di dalamnya. Tahun ini dibentuk acara baru yaitu Airlangga Futsal Competition yang merupakan acara pertama ABC serta branding #MulehOmahProject itu sendiri sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas.

“Berharap kedepannya semoga #MulehOmahProject tetap ada dan dikemas jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya sehingga akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.” ungkap Elvinda Shella. [lis]


C U R R I C U L U M   V I T A E
DATA PRIBADI
Nama                : Deviyanti Wahyu Izati
Tempat, Tanggal Lahir            : Bojonegoro, 3 Desember 1996
Alamat                            :Jl. Panglima Polim,komplek PERUMDA blok I-6. Bojonegoro
Jenis Kelamin            : Perempuan
Agama                : Islam
Status                : Belum menikah
Tinggi / Berat badan        : 150 cm / 43 kg
Kewarganegaraan                : Indonesia
DATA PENDIDIKAN
SD                : SD Negeri Kepatihan, 2003 - 2009
SMP                : SMP Negeri 2 Bojonegoro, 2009 – 2012
SMA                : SMA Negeri 1 Bojonegoro, 2012 – 2015
Perguruan Tinggi        : Universitas Airlangga
Fakultas / Jurusan        : Kesehatan Masyarakat / Ilmu Kesehatan Masyarakat


 

 

Tag : ABC, UNAIR, liburan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat