21:00 . Pasien Positif Covid 19 Bertambah 9 Orang   |   20:00 . Putra Asli Bojonegoro, Prof Dr Phil Al Makin Jabat Rektor UIN Suka   |   19:00 . Bersama TNI, Disdukcapil Bojonegoro Gelar Pelayanan di Desa   |   18:00 . BSA Sunan Giri Bojonegoro Praktik Kerja Lapangan Online   |   16:00 . Angka Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Belum akan Gelar KBM Tatap Muka   |   15:00 . Progress Recovery CPP Gundih On The Track   |   14:00 . Tingkat Kualitas Pendidikan Kesetaraan, Disdik Lakukan Tes untuk Tutor   |   13:00 . Panitia Kurban Wajib Tahu Ini   |   12:00 . Cegah Kematian Ibu dan Bayi, Menuju Bojonegoro Sehat, Aman dan Sejahtera   |   11:00 . Orang tua, Siswa dan Sekolah Wajib Faham Ini   |   10:00 . Kasat dan Empat Kapolsek di Polres Bojonegoro Dimutasi   |   09:00 . Proses Pemakaman Mantan Bupati H. M. Santoso   |   08:00 . Lestarikan Bengawan, 25 Ribu Bibit Ikan Ditebar   |   07:00 . Anak Anda Pemalu? Ini Tips untuk Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya   |   22:00 . Bertambah Lagi 4 Orang yang Sembuh dari Covid-19   |  
Sat, 11 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 25 March 2017 15:00

Film Marvel, Avengers: Age of Ultron-2015

Rahasia Palu Thor Odinson, Beratkah Mjolnir itu?

Rahasia Palu Thor Odinson, Beratkah Mjolnir itu?

Oleh: Atho' R. M Sasmito

Bagi pecinta Avengers, baik komik maupun film, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Mjolnir. Palu milik Thor yang bisa memanggil petir.

Seperti diketahui, tak semua orang bisa mengangkat palu yang terbuat dari pecahan inti bintang sekarat itu. Namun dalam versi komik ada beberapa tokoh yang bisa mengangkat palu itu selain Thor dan Odin, salah satunya adalah Steve Rogers atau Captain America.

Dalam versi film di Avengers Age of Ultron tahun 2015, pada saat usai pesta dan para Avengers berkumpul santai dan Hawkeye atau Barton mulai membahas tentang palu Mjolnir, "Barang siapa yang bisa mengangkatnya akan berkuasa," celetuknya.

Lalu satu per satu anggota Avengers mencoba mengangkatnya, mulai Hawkeye, Tony Stark atau dengan tangannya yang memakai alat Ironman bahkan dibantu War Machine, juga Bruce Banner tidak berubah bentuk jadi Hulk tak mampu mengangkatnya.

Kesempatan terakhir, adalah Steve Rogers atau Captain America yang memiliki kemampuan dan kekuatan fisik di atas manusia rata-rata. Meski tak mampu mengangkatnya, tapi jika diamati dengan seksama, entah karena cacat produksi atau disengaja saat pengambilan gambar palu nge-blur, tampak mampu sedikit sepersekian CM menggerakan palu saat diangkat dan ada sedikit bunyi tik di meja.

Tony Stark sebelum mencoba mengangkat palu sempat mengatakan bahwa itu ilmu fisika. Jika mampu mengangkat palu bisa memerintah Asgard, kerajaan asal Thor.

Setelah tak ada yang mampu mengangkat, Thor mengejek "Sudah jelas tidak ada manusia yang bisa menjadi raja," kelakarnya.

Tony kembali menyangagah, bahwa Mjolnir mengenali sidik jari seperti kartu keamanan, siapapun yang memiliki sidik jari Thor akan mampu mengangkatnya.

Flashback di Film Thor yang pertama tahun 2011, sedikit dijelaskan oleh raja Odin, bapak dari Thor bahwa Mjolnir dibuat dari tempaan inti bintang yang sekarat. Palu itu hanya bisa dipakai oleh orang yang pantas. Kemudian Odin menyerahkan palu kepada Thor muda yang saat itu akan diangkat jadi raja.

Dalam film itu, karena kesombongan dan kecerobohan Thor yang menyerang kerajaan raksasa beku, Jotun, dan ingin menghancurkannya, membuat Raja Odin marah. Akhirnya Thor dibuang ke bumi menjadi manusia biasa tanpa kekuatan, dan Mjolnir juga dilemparkan ke bumi dengan pesan Odin, "Hanya orang pantas, bisa mengangkat palu Mjolnir."

Singkat cerita di film itu, Thor yang diturunkan ke bumi mendapatkan banyak pelajaran yang membuatnya menjadi lebih bijaksana. Hingga akhirnya dia rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan banyak orang saat raksasa besi diturunkan ke bumi oleh saudara tirinya, Loki.

Pada saat Thor koma diantara hidup dan mati usai dihantam oleh raksasa besi, Odin yang sedang "Tertidur lumpuh" mengetahui keadaan Thor dan meneteskan air mata.

Kembali lagi muncul kata-kata Odin "Hanya orang yang pantas bisa memiliki Mjolnir."

Seketika, palu yang ada di bawah pengawasan SHIELD yang sebelumnya tak bisa diangkat bahkan dengan mobil dan alat berat, tiba-tiba terbang dan menghantam Thor. Putra Odin itupun kembali hidup dan mendapatkan kekuatannya.

Kembali ke Film Avengers Age of Ultron. Musuh utama, yakni robot yang bernama Ultron sedang berusaha merubah bentuk sempurna tubuhnya dengan sumber kekuatan dari batu yang berasal dari tongkat senjata milik Loki, adik tiri Thor.

Namun Avengers berhasil mencuri peti berisi tubuh yang akan dipakai oleh Ultron. Sempat muncul pertikaian antara Tony Stark dibantu Dokter Banner yang ingin menghidupkan sosok itu, ditentang oleh Captain Rogers, dibantu oleh Wanda (Scarlet Witch) dan Maximoff (Quick Silver) mencabut sumber daya yang menancap di peti.

Tiba-tiba muncul Thor yang telah mendapat pencerahan. Tanpa banyak kata, Thor yang datang langsung mendatangkan petir dan menghatamkan pada peti dengan palu Mjolnir-nya. Dan bangkitlah sosok baru yang misterius, yakni Vision.

Thor menjelaskan, sosok Vision merupakan bentuk dari Mind Stone, satu dari 6 batu yang dengan kekuatan terbesar di alam semesta. Kekuatan menghancurkannya tak tertandingi.

Singkat cerita dalam film ini, Ultron berhasil dikalahkan oleh kerja keras dan pengorbanan para Avengers. Sedangkan sosok Vision muncul di film Captai America berikutnya, yakni Civil War.

Kembali kepada Palu Mjolnir milik Thor. Sosok Vision dalam film tersebut, ternyata setelah dibangkitkan Thor, bisa dengan mudah mengambil Mjolnir dan menyerahkan kepada Thor. Bahkan, saat pertarungan dengan Ultron, Thor mengakui, Vision mampu memakai dengan sangat bagus ketika menghantamkan palu itu kepada Ultron.

Sebenarnya, apakah memang Palu Mjolnir itu sangat berat, sehingga hanya orang yang Pantas saja yang bisa mengangkatnya?

Faktanya, pada saat Mjolnir jatuh di bumi, seseorang warga mencoba menariknya dengan rantai dikaitkan dengan mobil pickup. Hasilnya, mobilnya sama sekali tak bergerak, malah bak pick up terangkat lepas dari mobil.

Adik tiri Thor, Loki sempat ditindih palu dadanya hingga tak bisa bergerak ke mana-mana saat Thor akan menghancurkan Jembatan Pelangi.

Bruce Banner saat mengamuk jadi Hulk di pesawat tak bisa mengangkat atau melepas tangannya yang besar dari ganggang palu saat di lantai pesawat karena dihantam oleh Thor.

Dari fakta tersebut, kembali lagi apakah Palu Mjolnir milik Thor memang sangat berat?

Jawabannya bisa dilihat dari sisi yang lain di filmnya jika bisa lebih jeli. Seperti di Age of Ultron, jika palu itu memang sangat berat, kenapa saat ditaruh di atas meja dan para Avengers mencoba mengangkat, meja itu tidak hancur atau pecah saat palu itu diletakkan?

Saat di film The Avengers yang pertama, saat di pesawat Thor duel dengan Hulk. Kenapa saat palu Mjolnir jatuh di lantai pesawat bersama Hulk, pesawat tidak jatuh atau oleng sedikit pun?

Atau saat di film Thor yang pertama, saat palu jatuh ke bumi, meski sekitar palu itu tanahnya entah sengaja digali bentuk lingkaran, tapi tanah di tengah yang ada palu sama sekali tidak ambles?

Menurut pengamatan dan analisa penulis, Palu Mjolnir itu tidaklah memiliki bobot yang sangat berat. Keistimewaan palu itu, selain bahan material dari proses pembuatannya, adalah bisa mengendalikan petir, bahkan bisa dipakai oleh Thor untuk terbang.

Dengan keistimewaan seperti itu, palu memiliki kekuatan luar biasa, seperti kata Raja Odin, "Hanya orang yang pantas, bisa memiliki atau mengangkat palu itu."

Orang yang pantas itu seperti apa?

Menurut penulis, jawabannya adalah Bijaksana
.

Selain Thor yang memang diwariskan dan kekuatannya kembali karena berubah menjadi lebih bijaksana, Vision juga mampu dengan mudah mengangkat palu itu.

Kenapa Vision mampu mengangkatnya? selain tercipta dari Mind Stone yang memiliki kekuatan luar biasa, ternyata Vision juga bijaksana.

Saat ditanya Captain America, apakah Vision ada dipihak Avengers untuk mengalahkan Ultron? Dia berpikir tak sesederhana itu. Dia ada di sisi kehidupan, Ultron tidak. Dia tidak mau membunuh Ulton, karena Unik dan juga menderita. Tapi penderitaan itu akan meliputi dunia. Jadi Ultron harus dihancurkan.

Lalu kenapa Captain America tidak bisa mengangkat Mjolnir, cuma mampu menggerakkan sepersekian CM saja? Bukankah dia yang dianggap memiliki kepemimpinan dan bijak dalam mengambil keputusan?

Jawabannya ada di Film Captain America: Civil War tahun 2016, di mana para superhero saling bertempur dalam pihak Ironman ada War Machine, Vision, Spiderman, Black Widow dan Black Panther yang ada di pihak pemerintah melawan pihak Captain America yang beranggotakan Winter Soldier, Hawkeye, Falcon, Wanda Scarlet Witch, dan Ant Man.

Saat pertempuran di Bandara, Vision mengingatkan Captain America bahwa Vision yakin Captain America benar tapi sebaiknya tidak melawan dan menyerah saja. Dalam hal ini mengikuti Perjanjian Sokovia dan bergabung di bawah pemerintah.

Dari cerita sendiri, Captain America menolak bergabung dengan pengawasan Pemerintah. Karena menurutnya sewaktu-waktu dibutuhkan bisa jadi terkendala dari aturan-aturan pemerintah, sehingga merasa dibatasi. Lebih lanjut, menarik untuk ditonton filmnya yang seru ini.

Barangkali itulah yang membuat Captain America tak bisa mengangkat Mjolnir. Kebijaksanaannya masih jauh di bawah Thor dan Vision, di luar kekuatan super yang dimilikinya.

Pertanyaan menarik dan mengusik sampai saat ini belum terjawab, jika di pesawat saat Palu Mjolnir itu jatuh di lantai tidak membuat pesawat oleng, tapi seandainya jika Palu itu diletakkan di Ekskalator atau Lift, bisakan alat itu bergerak?

Avengers: Age of Ultron
Film: fiksi ilmiah/Laga
Durasi: 2 jam 22 menit
Tanggal rilis: 1 Mei 2015 (Amerika)
Sutradara: Joss Whedon
Serial film: The Avengers film series
Skenario: Joss Whedon

Pemain: Chris Evans berperan sebagai Steve Rogers/Captain America - Robert Downey, Jr. berperan sebagai Tony Stark / Iron Man - Chris Hemsworth berperan sebagai Thor - Mark Ruffalo berperan sebagai Dr. Bruce Banner / The Hulk - Scarlett Johansson berperan sebagai Natasha Romanoff / Black Widow - Jeremy Renner berperan sebagai Clint Barton / Hawkeye - Don Cheadle berperan sebagai Col. James "Rhodey" Rhodes / War Machine - Anthony Mackie berperan sebagai Sam Wilson / Falcon - Elizabeth Olsen berperan sebagai Wanda Maximoff / Scarlet Witch - Aaron-Taylor Johnson berperan sebagai Pietro Maximoff / Quicksilver - Paul Bettany berperan sebagai J.A.R.V.I.S. dan Vision - Samuel L. Jackson berperan sebagai Nick Fury - Hayley Atwell berperan sebagai Peggy Carter - Cobie Smulders berperan sebagai Maria Hill - Idris Elba berperan sebagai Heimdall - Stellan Skarsgård berperan sebagai Erik Selvig - Thomas Kretschmann berperan sebagai Baron Wolfgang von Strucker - Andy Serkis berperan sebagai Ulysses Klaw - Claudia Kim berperan sebagai Dr. Helen Cho - Henry Goodman berperan sebagai Dr. List - Linda Cardellini berperan sebagai Linda Barton - Julie Delpy berperan sebagai Madame B - James Spader berperan sebagai Ultron - Josh Brolin berperan sebagai Thanos - Kerry Condon berperan sebagai F.R.I.D.A.Y.

Referensi:
- THOR (The God of Thunder ) - 2011
- The Avengers - 2012
- Captain America: Civil War - 2016.

Tag : thor, resensi film


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat