20:30 . Parkir Dadakan di Jalan Kota   |   20:00 . Penuh Sesak di Alun-alun   |   19:00 . Car Free Night (CFN) di Seputar Alun-alun   |   18:00 . Tahan Imbang PSG 1-1, Persibo Kokoh di Puncak Klasemen   |   17:00 . 45 Pelari Arak Api Abadi Menuju Pendopo Bojonegoro   |   16:00 . Begini Prosesi Pengambilan Api Abadi Hari Jadi Bojonegoro   |   15:00 . Tarian Selamat Datang Awali Proses Pengambilan Api Abadi   |   14:00 . 23 Waranggono Sambut Ritual Pengambilan Api Abadi   |   13:00 . Tanggal Cantik, BMG Launching blokBeli.com   |   12:00 . 29 Gunungan, 500 Tumpeng dan 5.000 Sego Buwohan Disiapkan untuk Warga Bojonegoro   |   11:00 . Bupati Ziarah ke Makam Mbah Buyut Dalem   |   10:30 . Bingkisan untuk Juru Kunci   |   10:00 . Rombongan Ziarah Khusuk Baca Tahlil di Makam Leluhur   |   09:00 . Mengawali Ziarah, Ini Makam Pertama yang Dituju Bupati   |   08:00 . CFN, Diberlakukan Sambut Grebek Berkah HJB ke 342   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 28 March 2017 00:00

Pramuka Kalpataru

Mabisaka dan Pimpinan Satuan Karya Dikukuhkan

Mabisaka dan Pimpinan Satuan Karya Dikukuhkan

Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com - Mabisaka dan Pengurus Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kalpataru tingkat Cabang Binaan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bojonegoro dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua Kwarcab Bojonegoro Hanafi di Taman TPA Banjarsari Bojonegoro, Senin (27/3/17)

Prosesi pengukuhan serta pelantikan diawali dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Mabisaka dan Pengurus Pimpinan Saka Kalpataru dan penandatanganan berita acara pengukuhan serta pelantikan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bojonegoro, Nurul Azizah serta pegawai dilingkungan DLH, Ketua Kwarcab, Pengurus Kwarcab, Mabisaka, Pinsaka, Anggota Saka yang ada di Kwarcab Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  yang juga Ketua Mabisaka, Nurul Azizah mengatakan, pembentukan Saka Kalpataru bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Harapannya, para anggota bisa menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat bangsa dan Negara.

"Untuk tahap awal Saka Kalpataru meliputi tiga krida yaitu krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), krida Perubahan Iklim, dan krida  Konservasi Keanekaragaman Hayati," ungkapnya.

Mengingat pada saat ini dibutuhkan Terobosan dan langkah baru untuk menyelamatkan lingkungan, beberapa program nyata telah disiapkan seperti pengolahan sampah menjadi pupuk organik, penanaman dan penghijauan.

Selain itu, keberadaan Saka Kalpataru ini Diharapkan mampu menjadi wadah anggota Pramuka yang peduli terhadap lingkungan sekitar sesuai dengan bunyi Dasa Dharma Kedua "Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia" 

"Diharapkan keberadaan Saka Kalpataru akan mudah diterima serta dapat memberikan Sumbangsih Karya Anak Bangsa dalam rangka penyelamatan Lingkungan Hidup," imbuhnya. 

Para anggota Pramuka Saka Kalpataru Ini akan menjadi pioner untuk membudayakan kesadaran akan peduli lingkungan, bagi dirinya dan masyarakat. [ifa/lis]

Tag : dispora, kepramukaan, organisasi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat