Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disperta; Panen Kurang Maksimal Bisa Karena Faktor Lingkungan

blokbojonegoro.com | Thursday, 30 March 2017 17:00

Disperta; Panen Kurang Maksimal Bisa Karena Faktor Lingkungan

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bojonegoro, beberapa waktu lalu banyak petani yang telah melaksanakan panen raya. Namun tidak sedikit dari petani yang mengeluh karena hasil panen kurang maksimal.

Seperti yang disampaikan oleh Kasi Tanaman Padi, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro (Disperta), Mahmud. Menurutnya, memang untuk bulan-bulan ini banyak produksi dari panen padi yang menurun, yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama faktor lingkungan dan penyakit atau hama.

"Banyak faktor memang, yang menjadi penyebab panen padi kurang maksimal, seperti faktor lingkungan," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Menurut Mahmud, banyak sawah milik para petani terletak di pinggir sungai, apalagi yang ada di tepi bengawan solo, yang hampir setiap sungai terpanjang di pulau jawa itu meluap pasti sawah petani kebanjiran. Disamping itu, masih kata Mahmud, untuk pencegahan penyakit atau hama, Dinas Pertanian sudah melakukan gerakan kompres massal bersama petani.

"Kalau untuk pencegahan penyakit, dari dinas sudah melakukannya, kemarin sudah melakukan kompres massal hama wereng hampir di seluruh Bojonegoro. Tetapi, karena padi yang ada di Bojonegoro saat tanam tidak bersamaan mengakibatkan wereng sulit dibasmi," tambahnya.

Sementara itu, Dinas Pertanian juga menyarankan agar petani tidak memanen padi terlalu dini, karena banyak padi yang masih hijau sudah dipanen terlebih dauhulu. "Kalau ingin padi terjual dengan harga mahal, maka kadar air harus diperhatikan, disamping itu kalau bisa saat panen dilakukan pada waktu siang hari," tutup Mahmud. [din/mu]
 

Tag : dinas pertanian bojonegoro, disperta, panen padi bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini