08:00 . Memetan, Serunya Berebut Tangkap Ikan di Waduk Desa   |   07:00 . Mungkinkah Penggunaan Masker Wajah Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh?   |   20:00 . Bersama Kader Jumantik, Babinsa Gayam Cegah Demam Berdarah Dengue   |   19:00 . Omzet Penjualan Seragam Sekolah Turun, Pedagang Mengeluh   |   18:00 . Kemarau Diprediksi Lebih Panjang, BPBD Siapkan 1000 Tanki Air Bersih   |   17:00 . Disruduk Truk Molen, Pengendara Motor Meninggal di TKP   |   16:00 . Memetan, Warga Sonorejo Tumpah Ruah di Waduk   |   14:00 . PMI Bojonegoro Berikan Bantuan Sprayer dan Cairan Disinfektan untuk 9 Ponpes   |   13:00 . Disnakan Pastikan Hewan Kurban Tidak Bisa Tularkan Virus Corona   |   12:00 . Selamat Jalan Mas BS   |   11:00 . Harga Sejumlah Komoditi Terpantau Masih Stabil   |   10:00 . Meski Masih Pandemi, MPLS Tetep Berjalan   |   09:00 . Percepat Pemerataan Pembangunan, Sentuh Wilayah Pinggiran   |   08:00 . PDKB, Polres dan PPA Kanor Gelar Bakti Sosial untuk Disabilitas   |   07:00 . 3 Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak yang Harus Dipenuhi   |  
Wed, 08 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 02 April 2017 20:00

EMCL - LSM BI

Puluhan Kartar Ikuti Pelatihan Peningkatan Keorganisasian

Puluhan Kartar Ikuti Pelatihan Peningkatan Keorganisasian

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Puluhan Karang Taruna dari 10 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti pelatihan peningkatan keorganisasian pada Sabtu dan Minggu (1-2/4/2017) di aula Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Desa Ringin Tunggal Kecamatan Gayam. Peningkatan kapasitas pemuda ini diselenggarakan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bekerjasama dengan LSM Bojonegoro Institute.

"Kita ingin mengembalikan peran karang taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berdaya dan mampu mengembangkan potensi desa," ucap Direktur LSM BI, AW. Syaiful Huda.

Menurut pria yang bisa dipanggil AW ini, selama ini karang taruna sering terjebak pada kegiatan-kegiatan Rekreasi, Olahraga, Kesenian, dan agama (ROKA). Misalnya, kata dia, peringatan hari besar dan penyelenggaraan acara yang bersifat insidentil.

"Sementara program yang bersifat kesejahteraan sosial sebagai ruh dari karang taruna justru dimaknai sebagai kegiatan pengabdian masyarakat secara umum," ungkap AW menggebu.

Melalui program ini, jelas AW, kader karang taruna memiliki keterampilan dalam melakukan fasilitasi forum musyawarah, melakukan lobbying, dan mengikuti musyawarah di desa. Selain itu, peserta yang dilatih diharapkan dapat menyusun rencana strategis, rencana aksi program kerja dan instrumen pelengkap keorganisasian lainnya.

"Di samping itu, kita juga menargetkan peserta agar memiliki keterampilan pengelolaan program, dan melakukan monitoring serta evaluasi dengan baik dan benar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Adi Witjaksono, berpesan agar para pemuda karang taruna menjadi pemuda yang aktif dan memiliki peranan strategis di desa masing-masing. Dalam sambutannya di depan para peserta pelatihan tersebut, dia juga memotivasi agar pemuda selalu berbuat sesuatu yang positif bagi desanya.

"Pemuda sudah seharusnya bekerja dan berbuat untuk orang lain, tidak hanya berkomentar," tuturnya menasihati.

Para peserta merupakan perwakilan dari Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Katur, Begadon, Brabowan, Ringin tunggal Kecamatan Gayam, Desa Ringin Rejo Kecamatan Kalitidu, Desa Kapas Kecamatan Kapas, dan Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo. Masing-masing desa mengirimkan tiga perwakilan untuk mengikuti pelatihan dan outbound. 

Outbound sendiri dilaksanakan di Sendang Karan dan Komunitas Pemberdayaan Suket Desa Gunung Sari Kecamatan Baureno. Outbound ini sekaligus wahana studi banding para peserta dengan karang taruna setempat yang telah mampu membangun potensi desanya hingga menghasilkan keuntungan secara sosial dan ekonomi.

Tag : Pib, emcl, lsm bi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat