21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Babinsa Diimbau Pahami Teritorial Wilayah Kerja

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 April 2017 20:00

Babinsa Diimbau Pahami Teritorial Wilayah Kerja

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Sebanyak 138 Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro mengikuti sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II Tahun Anggaran 2017. Kegiatan yang digelar di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat, Kamis (6/4/2017) itu bertujuan agar seluruh prajurit memahami teritorial wilayah tugas mereka.
 
"Supaya para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsi sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil)," kata Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Widodo membuka sosialisasi tersebut.
 
Sementara itu, Kapten Inf Panidi yang menjadi narasumber mengatakan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD, khususnya di lingkup Kodim 0813 Bojonegoro.
 
"Untuk meningkatkan Kesiapan kewilayahan dan kemampuan teritorialnya itu, maka diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam melaksanakan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini," ujarnya.
 
Menurutnya, kemampuan yang harus dimiliki seorang Babinsa adalah 5 kemampuan teritorial yaitu kemampuan temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, serta kemampuan komunikasi sosial.
 
Ditambahkan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting agar nantinya para Babinsa bisa lebih memahami tugas dan fungsi sebagai aparat kewilayahan. Sehingga, tidak ragu dalam mengaplikasikannya di lapangan.
 
"Dengan kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas ini, diharapkan Babinsa dalam membina wilayahnya masing-masing bisa memperoleh hasil yang optimal, efektif dan efisien," imbuh Perwira Pertama (Pama) yang juga dalam kesehariannya menjabat sebagai Danramil 0813-10/Kanor itu.
 
Selain 5 Kemampuan Teritorial (Puanter), dalam sosialisasi ini juga disampaikan materi meliputi sikap teritorial, metoda binter, penanggulangan bencana alam dan penanganan teroris. [zid/lis]

Tag : apel, kodim, babinsa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat