14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Tradisi, Garda Bangsa Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

blokbojonegoro.com | Thursday, 13 April 2017 20:00

Jaga Tradisi, Garda Bangsa Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Garda Bangsa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bojonegoro menggelar Lomba Musabaqoh Kitab Kuning (MKK), Kamis (13/4/2017) di gedung Kampus IAI Sunan Giri-Unugiri Bojonegoro.

Ketua panitia, Abdullah Umar menjelaskan, kegiatan ini merupakan program Garda Bangsa Nasional, termasuk di Kabupaten Bojonegoro. Bagi para pemenang lomba babak penyisihan akan dikirim ke tingkat regional.

Untuk tingkat regional akan diikuti Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik yang diselenggarakan di Kota Ledre. "Tujuannya untuk menangkal radikalisme di Negara ini yang semakin marak," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, generasi muda perlu dibentengi agar tidak terlibat aksi radikalisme. Sehingga, bisa menegakkan Ahlussunnah Wal Jamaah dan menjaga NKRI di Bojonegoro utamanya.

Ditambahkan, kegiatan ini diikuti seluruh pondok pesantren dan lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma'arif NU. Para peserta terbagi dua kategori yakni Qiroatil Qutub Kitab fatkhul Qorib dan Takfidzunnadzom menggunakan Imriti.

"Total hadiah Garda Bangsa Pusat Rp500 juta terbagi beberapa paket umroh dan uang pembinaan pendidikan," terang Ketua Garda Bangsa Kabupaten Bojonegoro yang juga anggota DPRD itu.

Sementara itu Dewan Suro DPC PKB Kabupaten Bojonegoro, Nafik Sahal menuturkan, perlombaan ini sebagai upaya menjaga tradisi Nahdliyin, sehingga melalui kegiatan ini santri yang terkontaminasi bibit radikalisme dapat berubah.

"Dengan adanya kegiatan ini semakin meningkat menelaah mendalami kitab kuning serta titik awal mengkaji kitab kuning," katanya yang juga anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro itu.

Sedangkan Rektor Unugiri M. Ridlwan Hambali mengapresiasi kegiatan perlombaan tersebut. Pasalnya baru pertama kali diadakan dan tradisi bagus sehingga perlu konsisten dan berkelanjutan.

"Ini sebagai upaya menjaga tradisi dan bentuk penghargaan pada ulama yang telah mengarang kitab," pungkasnya.

Selain diikuti ratusan peserta dari pesantren dan lembaga pendidikan NU, dalam pembukaan acara juga dihadiri perwakilan pengurus PCNU dan Badan Otonom (Banom) NU serta seluruh anggota DPRD fraksi PKB. [zid/lis]

Tag : lomba, baca, kitab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat