Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pendamping Desa di Balen Sinkronisasi dengan Pemerintah Kecamatan

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 May 2017 19:00

Pendamping Desa di Balen Sinkronisasi dengan Pemerintah Kecamatan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Setelah melakukan pendampingan di Kecamatan Balen, Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama pemerintah kecamatan setempat, Kamis (4/5/2017).

Pendamping Desa (PD) yang ada di Kecamatan Balen, Thohirin mengatakan, Rakor dengan pihak kecamatan sebenarnya rutin diadakan setiap bulannya. Namun, sekarang ini dilakukan secara resmi dengan diikuti staf kecamatan. Pasalnya kalau biasanya hanya bersama Camat, Sekcam, Kasi PMD dan Kasi Pemerintahan.

"Pendamping menyampaikan kendala dan persoalan yang dihadapi di setiap desa dampingan PLD (Pendamping Lokal Desa)," jelasnya.

Sementara itu, Camat Balen Djuono Poerwiyanto menjelaskan, tugas pendamping desa di Kecamatan Balen sudah berjalan sejak tahun 2016. Mereka mendampingi Pemdes, serta turut mengawasi Dana Desa (DD) yang belum disalurkan ke desa.

"Pendamping harus bisa memberikan fasilitas Pemdes dan mendampingi keseluruhan APBDes penggunaannya. SDM di desa belum sepenuhnya mampu mengelola keuangan desa sehingga perlu bantuan pendamping, karena kecamatan tidak sepenuhnya bisa," terangnya.

Ditambahkan, pihak Kecamatan Balen dengan para pendamping sudah berjalan harmonis. Sehingga apabila ada apa-apa, diharapkan segera berkoordinasi dengan kecamatan. [zid/lis]

Tag : pld, desa, pendamping



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini