21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

'Menuju Malowopati 1' Heru Suroso

Matang Berorganisasi dan Wirausaha, Bertekad Sejahterakan Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 05 May 2017 21:00

Matang Berorganisasi dan Wirausaha, Bertekad Sejahterakan Bojonegoro

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Tidak hanya belajar dari pengalaman maupun pendidikan formal, organisasi menjadi tempat belajar dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Heru Suroso yang akrab dipanggil Kang Roso mampu menunjukkan kesuksesannya dalam memimpin organisasi, sehingga mempu mengalahkan keterbatasan yang ada pada dirinya.

Lelaki kelahiran Bojonegoro 7 Agustus 1978 itu dipercaya menjadi Ketua Senat Mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura tahun 2004-2005, meskipun terlahir dari keluarga miskin daerah pelosok Dusun Ndangilo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Dia juga pernah menjabat PC PMII Jayapura tahun 2004-2005 dan juga Bendahara PW GP Ansor Provinsi Papua 2016-2016.

“Keadilan sosial harus diciptakan untuk memangkas setiap usaha pemiskinan warga dan memberikan perlindungan bagi setiap warga negara,” itu menjadi tekad utama jika Kang Suroso menjadi Bupati Bojonegoro.

Dikisahkan Kang Roso, dirinya terlahir dari keluarga miskin yang jauh dari kecukupan, melihat kondisi rumahnya terbuat dari kayu dan dindingnya dari papan kepang bilah bambu yang reot serta beralaskan tanah. Saat usianya 6 tahun, ia ditinggal Bapaknya bekerja yang tidak kunjung pulang.

Selain itu saat masih duduk di bangku SD II Desa Hagromulyo, ia juga harus membantu perekonomian keluarganya dengan menjadi tukang memilihara sapi, mencari rumput dan tungkel jati untuk dijual. Termasuk mencangkul di sawah, menjual lentung atau minyak mentah dari hasil penambangan sumur tua yang menjadi usaha utama masyarakat setempat.

Usai lulus SD, Kang Roso melanjutkan di MTs Islamiyah Kasiman dan sempat putus sekolah karena harus membantu keluarga sebelum akhirnya dapat menamatkan sekolah MTs. Meskipun tinggal di pelosok, ia mempunyai tekad kuat dalam belajar. Sehingga suami Siti Khodijah melanjutkan sekolah di MAN 1 Bojonegoro dan menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro.

"Tidak punya biaya, tapi saya punya tekad untuk sekolah dan belajar mengaji. Saya terus terang agar bisa bersekolah di MAN 1 dan mondok di Al-Falah Pacul, alhamdulillah saya bisa sampai lulus," kenangnya.

Begitu lulus MAN 1 Bojonegoro tahun 1998, Kang Roso pergi meninggalkan kota kelahirannya untuk mencari Ibunya Hj. Kartini yang bekerja di Papua. Selama bekerja dan tinggal di Papua, ibunya tidak pernah pulang ke Bojonegoro, sehingga dengan bekal alamat surat yang dikirim ibunya ia bisa bertemu.

Setibanya di Tanah Papua, Kang Roso menjalani pekerjaan menjadi pekerja bangunan, tapi Kang Roso tidak pernah melupakan untuk melanjutkan pendidikan. Sembari bekerja, ia melanjutkan pendidikan sampai lulus Sarjana di STAIN Al-Falah Jayapura. Bahkan sampai lulus Pasca Sarjana di Universitas Cendrawasih Jayapura tahun 2011.

Selama belasan tahun, sekitar 18 tahun di Jayapura banyak pengalaman sampai matang Kang Roso menapaki lika-liku kehidupan. "Sebagai santri dan warga Nahdlatul Ulama, aktif dalam organisasi kepumudaan dan mahasiswa, masyarakat sampai organisasi profesi," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Begitu apa yang diperjuangkannya tercapai dengan sukses, Kang Roso bertekad ingin kembali ke tanah kelahirannya. Tetapi kembalinya Kang Roso ke Bojonegoro bukan untuk berbisnis, namun ingin bersama rakyat Bojonegoro bangkit mewujudkan pembangunan di Bojonegoro sekaligus mewujudkan kondisi ekonomi masyarakat yang sejahtera tanpa kemiskinan.

"Dengan niat yang tulus dan lubuk paling dalam, saya berniat membangun Bojonegoro bersama-sama rakyat. Tanpa pamrih apa-apa yang ada hanya bekerja dengan niat ibadah," tekadnya.

Ditambahkan, pengalaman pahit kehidupan yang dialami sendiri ditambah dengan kesetiaan mendengarkan keluh-kesah warga Bojonegoro memberikan pelajaran berharga, bahwa kemiskinan menjadikan banyak orang kehilangan harkat kemanusiaannya.

Orang-orang miskin tidak hanya butuh belas kasihan dan kebaikan sosial dari orang lain, namun yang lebih penting adalah tatanan atau sistem yang menjadi terwujudkan keadilan sosial. Pasalnya banyak program pembangunan dalam mengurangi kemiskinan justru membenamkan warga dalam situasi kemiskinan yang semakin parah, karena warga miskin tidak pernah diajak berembug dan didengarkan suara untuk merumuskan gagasan dalam mengatasi kemiskinannya. Orang-orang miskin hanya dijadikan obyek pembangunan dan politik. Ini harus diakhiri.

"Dengan tekad mendengarkan dan memanusiakan manusia, mohon d’a dan dukungan untuk maju menjadi Bupati Bojonegoro guna menciptakan tatanan sosial dan sistem pemerintahan yang menjamin keadilan sosial bagi masyarakat Bojonegoro," pungkasnya. [zid/lis]

- Biodata diri :
Nama :  H. Heru Suroso, S.Pd.I , M.Si
Tempat Tanggal Lahir : Bojonegoro, 07 Agustus 1978
Panggilan :  Kang Suroso
Profesi :  Pengusaha
Tempat Lahir :  Dusun Ndangilo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
Nama Istri : Siti Khodijah
Nama Anak :
1. Syifa Ainur Rohmah
2. Syifa Khiyarotun Nikmah

- Pendidikan

1. SDN II Desa Hargomulyo  Kedewan Bojonegoro
2. MTs Islamiyah Kasiman Bojonegoro
3. MAN I Bojonegoro
4. S1 STAIN Al FATAH, Jayapura
5. S2 Ekonomi Pembangunan Universitas Cendrawasih Jayapura

- Karir Organisasi :
1. Ketua Senat Mahasiswa STAIN Al-Falah Jayapura 2004-2005
2. Ketua Umum PC PMII Kota Jayapura 2004-2005
3. Ketua PKC PMII Provinsi Papua dan Papua Barat 2005-2006
4. Pengurus Pusat ASKOPINDO 2016
5. Pengurus Provinsi Papua HIPMI Bidang Organisasi 2016
6. Pengurus Perkindo Provinsi Papu
7. Bendahara PW GP Ansor Provinsi Papua 2014-2016

VISI
Terwujudnya Masyarakat Bojonegoro yang Sehat, Cerdas, Sejahtera, Demokoratis dan
Agamis.

SEMBILAN LANGKAH MISI
1. Mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)dan kehidupan
beragama.
2. Memperbaiki, meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan dalam pemenuhan
kebutuhan dasar warga bojonegoro.
3. Memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku pelayan publik kabupaten
Bojonegoro.
4. Membangkitkan dan mengembangkan program ekonomi unggulan berbasis potensi
lokal.
5.  Memperbaiki dan mengembangkan perwujudan demikrasi, clean and good governance
kabupaten Bojonegoro.
6. Meningkatkan dan memperkuat kapasitas pemerintahan dan kelembagaan desa sebagai
penopang utama terwujudnya masyarakat Bojonegoro yang cerdas, sehat, makmur,
sejahtera, demokra?s dan agamis.
7. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berorientasi pada pelestarian
lingkungan dan pemanfaatan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat
8. Meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi,
sosial dan politik.
9. Meningkatkan perlindungan keamanan dan rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat

- SOSIAL MEDIA
Email        : sahabatsuroso@gmail.com
Facebook        : Kang Suroso
Twiter        : @kangsuroso
WhatsApp    :  +62 812-9113-0185

Tag : pilkada, dpt



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat