Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sosialisasi Kesehatan Melalui Akses Sanitasi Digelar PEPC

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 May 2017 16:00

Sosialisasi Kesehatan Melalui Akses Sanitasi Digelar PEPC

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Program Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Akses Sanitasi kembali digelar oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Sabtu (6/5/2017). Acara berlangsung di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Program tersebut sebagai lanjutan, sosialisasi program jambanisasi dalam upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dalam hal penerapan sadar Open Defecation Free (ODF).

Acara di Balai Desa Pelem tersebut dihadiri Field Relation Superintendent PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Edy Purnomo, Muspika Kecamatan Purwosari, Kepala Desa berikut Perangkat dan BPD Desa Pelem, Bidan Desa setempat serta 102 warga penerima manfaat.

“Total penerima manfaat sejumlah 260, tersebar di Desa Bandungrejo, Dolokgede, Kaliombo dan Pelem,” katanya.

Mantan akademisi tersebut menambahkan, sebelum kegiatan sosialisasi juga sudah dilakukan di Desa Bandungrejo, Desa Dolokgede dan Desa Kaliombo. Dan hari ini dilaksanakan di Desa Pelem Kecamatan Purwosari.

“Alhamdulillah PEPC bisa ikut serta meringankan beban masyarakat melalui program kesehatan ini.” jelasnya.

Sementara, Camat Purwosari Bayudono, menyambut baik dan sangat mendukung program kesehatan. Dengan program tersebut masyarakat penerima manfaat akan lebih mudah dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

“Jika masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, maka akan mudah tercipta masyarakat yang sehat,” ungkap Bayudono.

Terpenting lagi, lanjut Bayudono, program ini sejalan dengan program Pemkab Bojonegoro yaitu Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC), yang salah satunya faktor pendukungnya adalah penerapan sadar ODF. “Diharapkan program ini akan mempercepat penerapan sadar ODF di Kecamatan Purwosari,” lanjutnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, bahwa hingga kini masyarakat yang sadar ODF masih minim, sehingga masih banyak desa yang belum menerapkan sadar ODF. Sementara pada tahun 2019 mendatang seluruh desa sudah harus 100 persen menerapkan ODF. Sebab ODF inilah dasar utama untuk menerapkan Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC), yang telah di canangkan Pemkab Bojonegoro. [mu]

Tag : pepc, program pepc, odf



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini