11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cari Harga Murah, Pertamina Akan Beli LPG Asal Amerika

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 May 2017 05:00

Cari Harga Murah, Pertamina Akan Beli LPG Asal Amerika

Reporter: -

blokBojongoro.com -  PT Pertamina (Persero) berencana membeli Liqufied Petroleum Gas (LPG) dari Amerika Serikat (AS) pada ‎semester pertama 2017. Langkah perseroan membeli LPG dari AS ini untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina Daniel Purba mengatakan, Pertamina akan mendatangkan LPG dari AS, tetapi tidak secara langsung. Pertamina akan menggunakan pihak ketiga yang menjual LPG asal AS.

"LPG kita belum langsung dengan pihak Amerika, tapi secara operasi ada satu atau dua kargo dari Amerika masuk ke sini," kata Daniel, di Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

LPG yang dibeli Pertamina dari AS tersebut menggunakan patokan harga CP Aramco. Kemungkinan, perusahaan yang menjual LPG ke Pertamina tersebut lebih ekonomis menjual ke kawasan Asia ketimbang Eropa atau Amerika.

"Harga sudah sepakat, kalau market memungkinkan mereka bawa ke sini kalau posisi harga lebih ekonomis, mereka bawa LPG ke Asia. Dibandingkan bawa ke Eropa atau Amerika," jelasnya.

Pasokan LPG dari AS tersebut bukan kewenangan Pertamina. Pasalnya, hal tersebut dilakukan pihak ketiga yang men‎jual LPG ke Pertamina.

"Ada kontrak company mereka punya portofolio salah satunya di Amerika. Mereka bawa ke sini kalau teknis open mereka bawa ke Asia," tutur Daniel.

‎Pertamina memang sebelumnya sudah menjajaki untuk impor langsung LPG dari AS karena diperkirakan harga LPG dari negara tersebut jauh lebih murah ketimbang dari Timur Tengah.

Daniel mengatakan, Pertamina terus melakukan pendekatan dengan seluruh produsen LPG di pasar internasional. Pendekatan tersebut untuk mendapat harga gas yang lebih murah.

"Kami terus membangun kerja sama dengan beberapa produsen LPG. Kami terus berusaha mencari sumber pasokan yang lebih kompetitif," kata Daniel‎.

Hal yang perlu dipelajari adalah mekanisme perizinan impor dan harga di AS dengan di Asia Pasifik, ‎untuk memastikan LPG yang diimpor dari AS jauh lebih murah ketimbang negara produsen lain.

"Kami harus pelajari mekanisme membawa ke Asia Pasifik,mekanisme harga di Amerika dengan Asia Pasifik seperti apa, juga risiko harga," papar Daniel.

Amerika memasok LPG ke Asia Pasifik baru hitungan tahun. Oleh karena itu sebelum memutuskan impor, Pertamina berhati-hati dan memastikan kestabilan pasokannya. "Kami pelajari terus, ini masih baru. LPG masuk Asia Pasifik baru tiga tahun, belum establist," tutup Daniel.

*Sumber: www.liputan6.com

Tag : migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat