15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jejak Sang Penyebar Islam (4)

Berdirinya Masjid Darul Muttaqin di Padangan (Habis)

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 May 2017 17:00

Berdirinya Masjid Darul Muttaqin di Padangan (Habis)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Di timur perempatan traffict light Padangan, ada masjid bernama Darul Muttaqin. Sekilas jika dilihat dari jalan raya memang tampak seperti masjid pada umumnya, tetapi yang berbeda adalah dengan adanya gapura masuk yang menarik. Tampak gapura dengan model bangunan tua ber tuliskan lambang bintang dan bulan, di bawahnya ada tahun 1931 dan di bawahnya ada tulisan SANGGAR PAMEODJA ENG ALAH. Masjid tersebut, merupakan bagian dari sejarah syiar Islam di Desa Kuncen, Kecamatan Padangan.

Putra dari Juru Kunci Makam Menak Anggrung dan juga salah satu penyusun buku Mbah Menak Anggrung, Perintis Islam Pertama di Desa Kuncen, Padangan-Bojonegoro, Furqon Azimi kepada blokBojonegoro menjelaskan, masjid itu dibangun pada tahun 1826 yang diprakarsai oleh Kiai Munada.

[Baca juga: Mbah Ahmad yang Babat Tanah Rowobayan ]

"Masjid itu dibangun bersamaan saat putra dari Mbah Kiai Munada lahir, yakni Mbah Kiai Ahmad yang pada masanya telah membabat tanah Rowobayan," ujar Furqon saat ditemui usai salat Asar di masjid tersebut.

Sebelumnya, kata Furqon, pada tahun 1825 Kiai Munada yang merupakan prajurit dari Pangeran Diponegoro asal Pendaratan, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen tanah Bagelen, bersama dua temannya, Jokoriyo (Zakaria) dan Nur Salim melarikan diri dari kejaran Belanda hingga tiba di tanah Padangan.

Setelah beberapa waktu tinggal di Padangan, tepatnya Desa Kuncen, Kyai Munada berangan akan adanya masjid di Padangan. Sebab, sudah berpuluh-puluh tahun warga di sana apabila melaksanakan salat jumat harus ke masjid yang ada Dukuh Klotok, Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan. Sedangkan jarak anatara desa dengan dukuh tersebut dirasa cukup jauh.

Angan dan keinginan Kiai Munada tersebut diduking oleh sebagian besar warga juga temannya, Jokoriyo. Selanjutnya, dimulai pencarian tempat untuk didirikan masjid. Setelah dirasa cocok, Kiai Munada dan Jokoriyo menemui pemilik lahan dan warga lingkungan sekitar untuk diajar rembugan rencana membangun masjid. Pada hari Kamis Kliwon, tanggal 5 Rabiul Awal tahun 1247 Hijriyah atau tahun 1826 Masehi, di masa pemerintahan Bupati Bojonegoro, R. Adipati Djojonegoro (1825-1827 dan tahun 1828 - 1844), ditetapkan bahwa di Padangan didirikan sebuah masjid.

Pada masa putra Mbah Kiai Munada, yakni Mbah Kiai Ahmad sudah menjadi mursyid atau guru Thoreqot Naqsabandiyah di Rowobayan, ada murid beliau yang memberitahukan bahwa ada kayu jati yang hanyut di Bengawan Solo, sebelah utara makam Mbah Menak Anggrung. Kayu jati itu, akhirnya dimanfaatkan untuk mengganti salah satu tiang di di masjid. Sedangkan untuk tiang lainnya, diambilkan dari hutan yang ada di Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo.

"Karena kayu yang dipilih sulit dirobohkan, dengan kelebihan yang dimiliki oleh Mbah Murtadho, kayu itu berhasil diambil dan dibawa pulang ke Padangan dengan ditarik kebo bule atau kerbau putih dengan diiringi gamelan," terang Furqon.

Pada masa pemerintahan Bupati Bojonegoro, RM Tumenggung Tirtonoto II (1878-1888), tepatnya tanggal 13 Badal Maulud 1304 Hijriyah atau tahun 1883, Masjid Padangan dibangun lagi dan diganti tiangnya yang lebih besar dengan dipimpin langsung oleh Mbah Kiai Ahmad Rowobayan.

Kemudian, di tahun 1891 masjid dibangun lagi dengan wujud bangunan dari kayu dengan panjang dan lebar 16 meter, dan diresmikan oleh Bupati Bojonegoro, Kanjeng Adipati Aryo Reksokusumo (1890-1916) yang ditandai dengan Condrosengkolo " Jalmo Nembah Sliro Tunggal".

Berbeda dengan masjid pada umumnya yang memakai simbol bulan sabit dan bintang, Masjid Padangan mempunyai kubah dengan simbol Kolok atau mahkota raja. Simbol itu menunjukkan pengaruh budaya Jawa atas bangunan Islam.

Sementara itu, gapura di pintu masuk halaman masjid, dibangun oleh Mbah Haji Khoir (saat itu bertempat tinggal di utara perempatan Padangan), merupakan fakta adanya perpaduan budaya antara seni bangunan Islam dan Cina yang kental dengan adat Jawa dengan ulisan 'SANGGAR PAMEODJA ENG ALAH' pada gapura itu. Hal itu menunjjukan, betapa beragamnya masyarakat Padangan Kala itu, namun tampak sekali kondisi beragama yang sangat rukun.

Pada tahun 1960, kembali dilakukan renovasi pada Masjid Padangan. Kemudian tahun 1976 dibangun serambi masjid bagian depan. Menurut anjuran pemerintah, setiap masjid harus ada nama tertentu, maka pada tahun 1990 oleh Mbah Kiai Hakam Hasyim diberikan nama Masjid Darul Muttaqin. [ito/ ]

Tag : jejak, islam, penyebar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat