21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pinjam Alat Pertanian Gratis, Banyak Petani Belum Tahu

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 June 2017 11:00

Pinjam Alat Pertanian Gratis, Banyak Petani Belum Tahu

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Mayoritas petani yang berada di Kabupaten Bojonegoro, masih menggunakan cara tradisional untuk menanam maupun memanen hasil pertaniannya, seperti padi, jagung, maupun yang lainnya.

Padahal, dari Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bojonegoro sudah menyiapkan beberapa peralatan seperti mesin penanam padi, traktor, mesin pemanen padi dan jagung maupun yang lainnya secara gratis, ternyata masih banyak petani yang ada di daerah pinggira belum tahu.

Seperti petani asal Kecamatan Kanor, Mudzakir mengungkapkan, belum tahu tentang adanya penyewaan mesin tersebut, seperti traktor dan yang lainnya, sehingga masih menggunakan cara tradisional untuk menanam maupun memanen, yang pasti membutuhkan dana yang lebih untuk menyewa orang.

"Kalau meminjam mesin pompa air (diesel) saya sudah sering, namun di kelompok tani, bukan di Dispertan," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Sama halnya seperti yang dikatakan oleh salah seorang petani asal Kecamatan Trucuk, Lasmijan, juga belum tahu menahu tentang peminjaman tersebut. Saat ditanya oleh blokBojonegoro.com, pria paruh baya ini malah balik bertanya.

"Loh enggeh to mas, kulo kok dereng sumerep, la terus carane pripun nek bade nyambut (Lho apa iya mas, saya kok belum tahu, terus cara pinjamnya bagaimana)," ungkap laki-laki yang sedang beristirahat di tepi jalan itu.

Ia juga sangat berterima kasih tentang adanya peminjaman alat tersebut, sehingga memudahkan para petani. Namun, menurutnya percuma jika tidak diimbangi dengan pelatihan mengoperasikan alat tersebut, sehingga harus menyewa orang lain untuk menjalankannya dan juga tentu mengeluarkan biaya lagi.

"Yo bener gratis, kur tuku bensin tok, tapi nginiki aku yo gak iso ngelakokno to mas, lak podo ambek ora, bolak-balek nyewo wong maneh to, (Ya memang gratis, hanya membelikan bahan bakar saja, tapi saya tidak bisa menggunakannya, sehingga sama saja dengan tidak, karena harus menyewa orang lagi untuk menjalankannya)," tutup Lasmijan kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : dispertan, pinjam alat pertanian



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat