14:00 . Triwulan Empat, 851 Klaim Asuransi Diterima Jasa Raharja   |   12:00 . Peran Guru Tangkal Radikalisme   |   11:00 . Pelatih Persibo Berharap Suporter Tetap Berangkat Ke Gresik   |   08:00 . Panggil Diknas, DPRD Akan Kawal Sampai Pusat   |   07:00 . Tips Berpakaian di Cuaca Panas Untuk Hijaber   |   21:00 . Cak Nun Jawab Gamblang Semua Pertanyaan   |   20:00 . Ratusan Sapi Produktif Dipamerkan, Yuk Lihat   |   19:00 . Sinau Bareng Cak Nun   |   18:00 . Ingin Turut Kembangkan Ekonomi Syariah   |   17:00 . Datangi DPRD, PPPK Diknas Bojonegoro Minta Kejelasan   |   16:00 . Bupati Ajak Tingkatkan Protein Hewani dengan Minum Susu   |   15:00 . Menjadi Guru PAI, Bagi Irma Lutfiana adalah Tanggungan Moral Anak   |   14:00 . Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019   |   13:00 . Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim   |   12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |  
Thu, 17 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 04 June 2017 07:00

Ajarkan Anak Cintai Bumi Sejak Dini

Ajarkan Anak Cintai Bumi Sejak Dini

Reporter: --

blokBojoegoro.com - Sebagai orangtua, kewajiban kitalah untuk mengajarkan pemahaman pada anak-anak soal pentingnya menjaga lingkungan dan Bumi agar menjadi tempat yang menyenangkan. Namun kita tahu, membuat anak tertarik soal lingkungan bukanlah hal yang mudah. Lalu bagaimana kita bisa mengajarkan kepada anak-anak mengapa mereka harus peduli pada planet ini? Tips berikut mungkin bisa membantu.

Luangkan waktu di alam bebas

Cara terbaik agar anak-anak menghargai planet ini adalah dengan mengajak mereka berkegiatan di luar ruang.

Penting untuk mengajak anak ke alam bebas sesering mungkin. Bagi orangtua bekerja, waktu tentu menjadi hambatan. Namun cobalah merencanakan jalan-jalan melihat alam seminggu sekali. Pikirkan aktivitas belajar sekaligus bersenang-senang yang bisa dilakukan bersama anak-anak di luar ruangan.

Anak berhujan-hujan di luar ruangan(Sasiistock)
Anda tidak harus mendaki gunung atau menyusuri sungai kalau itu terlalu menantang. Cukuplah ajak anak ke toko membeli panggung tempat menaruh makanan burung dan memasangnya di halaman Anda. Lalu bersama mereka mengamati burung-burung yang datang, atau hewan-hewan lain di lingkungan tempat tinggal Anda.

Dengan melihat bahwa ada makhluk lain di sekitar mereka, anak-anak akan memiliki rasa cinta lebih besar pada lingkungan.

Jadikan mudah dipahami oleh anak

Kadang-kadang bagian tersulit menjadikan anak tertarik dan peduli pada lingkungan adalah membuat mereka paham mengapa hal itu penting.

Karenanya jelaskan hal yang kompleks mengenai lingkungan, misalnya perubahan iklim, dengan cara yang mudah dimengerti. Walau itu merupakan topik yang berat, percayalah, anak-anak cukup cerdas untuk memahaminya.

Bila Anda berniat menjelaskan soal efek rumah kaca misalnya, Anda bisa menggunakan akuarium kecil yang dibalik dan dijemur di bawah sinar matahari. Letakkan termometer di dalam dan di luar akuarium itu. Tunjukkan pada anak bahwa suhu di dalam akuarium akan lebih tinggi. Lalu jelaskan bahwa hal serupa juga terjadi di Bumi kita karena ada gas-gas yang terjebak di atmosfer, sehingga Bumi makin panas.

Ajak mereka berkebun

Anak-anak perlu mengerti sejak kecil bahwa tidak semua makanan harus dibeli dari pasar. Mereka juga bisa menanamnya sendiri. Oleh karena itu ajaklah anak-anak berkebun dan biarkan mereka memilih bibit yang ingin mereka tanam.

Ajarkan anak-anak untuk berkebun dan menanam makanan(Seiya Kawamoto)
Bantu dan ajaklah anak-anak memelihara tanaman itu supaya mereka merasakan pertumbuhannya. Kelak saat tanaman itu bisa dipanen, anak-anak pasti dengan senang hati mencobanya. Mereka juga akan menjadi lebih peduli untuk merawat kehidupan yang ada di Bumi ini.

Ajarkan mendaur ulang

Cara lain agar anak terlibat menjaga planet ini adalah dengan mengajarkan daur ulang sebagai sesuatu yang menyenangkan dan bisa dijadikan permainan. Ajarkan anak-anak bagaimana mendaur ulang, apa saja bahan yang bisa didaur ulang, dan sediakan wadah-wadah tempat anak-anak bisa memilah benda-benda tersebut.

Anak bisa diajarkan membuat mainan dari bahan daur ulang(Michael Blann)
Anda bahkan bisa mendorong mereka untuk lebih kreatif menggunakan barang-barang bekas sebelum benar-benar dibuang. Bungkus karton misalnya bisa dibuat berbagai jenis mainan, seperti mobil-mobilan dan kapal. Sedangkan kaleng bekas bisa dijadikan telepon atau mainan lain. Bahkan kulit semangka pun bisa menjadi hiburan bagi anak-anak. Dengan begitu mereka tidak perlu membeli terlalu banyak mainan sekaligus menjadi lebih kreatif.

Walau ini hanya beberapa tips sederhana, namun bisa menjadikan anak-anak lebih tertarik pada lingkungan di sekitarnya, dan pada akhirnya mereka bisa ikut menjadikan Bumi sebagai tempat yang bisa diwariskan ke lebih banyak generasi berikutnya. [lis]

Sumber: kompas.com

Tag : bumi, anak

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat