21:00 . Rumah Sakit Tambah Alokasi Kamar Pasien Covid-19 Hingga 40%   |   20:00 . Tembus 1 Juta, Evaluasi Kasus Covid di Provinsi yang Menerapkan PPKM   |   19:00 . Dari 5 Pasang Ekor Cupang di Awal Pandemi, Kini Menjadi 4000 Ekor   |   18:00 . Begini Alur Tahapan Proses Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro   |   17:30 . Pusat Pembibitan Sukowati di Lahan 2,2 Hektar Diresmikan Bupati Anna   |   17:00 . Viral, Prospek Bisnis Penjualan Batik Jembatan Sosrodilogo Positif   |   16:30 . Peduli Banjir, Muslimat Bojonegoro Salurkan Ribuan Paket Sembako   |   16:00 . Vaksin Sinovac Didistribusikan ke 48 Faskes   |   15:00 . Sempat Naik, Harga Telur Ayam Turun   |   14:00 . Vaksinasi Covid-19 di Bojonegoro Dimulai   |   13:00 . Ansor Sekar Bedah Rumah Korban Banjir Bandang   |   12:00 . Angka Kesembuhan Pasien Nasional Meningkat Mencapai 10.974 Orang   |   11:00 . Pertama Divaksin Sinovac, Begini Kata Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Lolos Screening, Bupati bersama Pejabat yang Ada di Bojonegoro Awali Vaksinasi   |   09:00 . PMII Unugiri Galang Dana Bantu Korban Bencana Alam   |  
Thu, 28 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Bau Mulut dengan Minum Air Putih Saat Sahur

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 June 2017 13:00

Cegah Bau Mulut dengan Minum Air Putih Saat Sahur

Reporter: Joel Joko

blokBojenegoro.com - Menjaga kebersihan mulut sangat penting apalagi bagi yang berpuasa. Dengan menjaga kebersihan mulut tentu akan menghindarkan dari masalah kesehatan, bau mulut, karang gigi, dan gigi berlubang.

Membersihkan rongga mulut secara keseluruhan dan rutin terutama pada gigi akan meningkatkan kesehatan mulut. Dokter Gigi Thomas Djaja mengatakan, salah satu masalah mulut yang paling sering dikeluhkan adalah bau mulut.

Penyebabnya adalah reaksi bakteri yang ada di dalam mulut. Kalau mulut tidak ada aktifitas atau puasa maka akan kering dan memicu reaksi bakteri. Sebenarnya untuk mengurangi bau mulut bisa dilakukan dengan cara yang mudah.

"Bagi yang puasa caranya minimal minum tiga gelas air putih saat sahur," kata Thomas.

Selain gigi,  ternyata tempat yang menjadi sarang bakteri adalah lidah. Lidah menyimpan jutaan organisme yang dapat menyebabkan bau mulut, baik itu di sudut atau celah di rongga mulut. Untuk membersihkan lidah dari bakteri tersebut, bisa menggunakan alat pembersih lidah yang saat ini banyak tersedia di pasaran (dental gloss).

Pria yang juga Humas RSUD dr R.Sosodoro Djatikoesumo ini mengingatkan memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Selain menjaga dan merawat gigi, juga supaya diketahui apakah ada gigi yang berlubang, karena gigi yang berlubang akan meningkatkan bau mulut.

Cara lain yang lebih mudah untuk menghindarkan dari bau mulut adalah dengan minum banyak air putih. Hal ini dikarenakan mulut yang kering akan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Air putih akan membuat mulut anda lembap dan mencairkan konsentrasi bakteri volatile sulfur compounds (VSCs) di dalam mulut.

Sementara itu, untuk mengurangi bau mulut, sebaiknya juga mengurangi konsumsi kopi, karena kopi dapat meninggalkan zat yang dapat menghalangi oksigen di dalam rongga lidah dan menciptakan tempat yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tersebut.

Selain itu banyak makan buah-buahan atau sayuran yang renyah. Hal tersebut dapat menjaga kebersihan mulut secara alami, karena buah dan sayur jenis tersebut dapat menghilangkan partikel makanan dan plak pada saat mengunyah. Menurut Thomas, buah dan sayuran juga dapat meningkatkan air liur yang menjaga rongga mulut tetap lembap. [oel/lis]

Ilustrasi: tren.co.id

Tag : bau, mulut, air, putih


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat