Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selain Sumur, di Brangkal Juga Ada Goa dan Tebing

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 June 2017 06:00

Selain Sumur, di Brangkal Juga Ada Goa dan Tebing

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Berbicara tentang Dusun Brangkal, Desa Clebung Kecamatan Bubulan Bojonegoro, seakan tak ada habisnya. Karena, selain ada sumur peninggalan penjajah Belanda, ada juga goa dan tebing.

Ya, goa dan tebing yang kira-kira mempunyai ketinggian sekitar 25 meter itu memang patut untuk dikunjungi, serta mencoba untuk menguji adrenalin dengan olahraga panjat tebing.

Letak goa dan tebing tersebut tak jauh dari pemukiman warga, tepatnya ke arah barat sekitar 1,5 kilometer, dan lokasinya berdekatan dengan sumur peninggalan Belanda yaitu Sumur Bor.

Untuk menuju ke tempat itu, bisa berjalan kaki atau naik motor, dengan melintasi jalan setapak, namun, jangan kaget jika sedikit bergelombang dan berbatu, serta becek saat musim hujan.

Namun, saat musim kemarau, sangat mudah dilalui, karena jalan tesebut juga digunakan warga sekitar untuk mengambil air di sumur setiap hari. Tentu tempat tersebut bisa menjadi alternatif untuk liburan.

Menurut seorang warga, Deni Susanto menjelaskan, sebenarnya goa tersebut konon menurut cerita turun-temurun akan tembus ke goa Lawang yang ada di Desa Growok, Kecamatan Dander.

"Namun, saya juga belum membuktikan sendiri secara pasti," kata Deni sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, sementara itu menurut cerita, tebing goa tersebut digunakan sebagai benteng pertahanan penjajah Belanda. "Selain itu, biasanya kalau musim kemarau juga dibuat panjat tebing," ujar pria kelahiran 1992 itu.

Terpisah, Kepala Dusun Brangkal, Sunari membenarkan, bahwa di dusunnya ada tempat panjat tebing, menurutnya daerah tersebut juga cocok untuk kegiatan offroad dengan motor trail.

"Dulu pernah digunakan panjat tebing, sedangkan jalur setapak itu juga bisa untuk offroad dengan motor trail, nanti akan tembus di jalan Desa Growok, Kecamatan Dander," bebernya. [top/mu]

Tag : motor trail, growok, tebing brangkal, brangkal bubulan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini