11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambutan Bupati Hari Pertama Sekolah 2017/2018

Menghadirkan Masa Depan Gemilang Dengan Sembilan Ketrampilan Hidup

blokbojonegoro.com | Monday, 17 July 2017 06:00

Menghadirkan Masa Depan Gemilang Dengan Sembilan Ketrampilan Hidup

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakaatuhu. Salam sejahtera untuk kita semua

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru, Kepala Sekolah dan Wali Murid Yang saya cintai, anak-anakku siswa/siswi:

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas karunia nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita semua. Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi kita semua.

Bagi bapak/ibu wali murid, menemani putra-putrinya ke sekolah adalah sesuatu yang luar biasa. Luar biasa karena bapak/ibu secara khusus meluangkan waktunya untuk putra-putri tercinta. Inilah salah satu perwujudan nyata tanggung jawab sebagai orang tua terhadap masa depan putra-putri tercinta. Kita semua kelak di akhirat akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang sudah kita lakukan demi masa depan putra-putri kita tercinta.

Bagi anak-anak hari ini merupakan hari bersejarah karena inilah pertama  kalian semua memasuki bangku sekolah untuk tahun ajaran 2017/2018. ;Hari ini adalah pertanda bahwa kalian sudah meninggalkan masa lalu dan mulai melangkah menuju masa depan. Karena kalianlah maka bapak/ibu wali murid, Bapak/ibu guru dan kami ada di tempat ini.

Bagi bapak/ibu guru hari ini tentu juga membahagiakan, kehadiran wali murid beserta putra-putrinya pagi ini menandakan kepercayaan yang tinggi kepada sekolah ini dan khususnya kepada bapak/ibu guru. Sungguh di tangan bapak/ibu gurulah harapan anak-anak dapat berkembang seluruh ketrampilan hidupnya dengan semaksimal mungkin.

Bapak/ibu guru dan wali murid yang saya hormati, Anak-anakku yang saya cintai.

Secara pribadi Kang Yoto ingin menyampaikan selamat datang di sekolah, selamat memulai tahun ajaran baru, selamat memulai perjalanan belajar bersama, selamat menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang indah dan menyenangkan bagi semua proses belajar mengajar. Dalam kesempatan yang baik ini Kang Yoto ingin berpesan:

1. Bahwa tujuan pertemuan ini untuk saling memahami proses belajar yang akan dilakukan dan apa saja yang perlu dilakukan. Rencanakan dan komunikasikanlah apa saja yang membuat proses pendidikan dapat berjalan baik dan efektif.

2. Ingat masa depan bangsa dan keluarga tergantung pada masa depan anak-anak. Kegemilangan bangsa dimulai dari halaman sekolah ini. Gagal dan berhasilnya bangsa Indonesia, termasuk Bojonegoro, di masa depan ditentukan oleh keberhasilan proses pendidikan hari ini.

3. Tujuan utama Pendikan adalah menumbuhkan seluruh potensi anak anak. Sejarah membuktikan bahwa setiap anak punya peluang sukses asalkan menemukan kekuatan dirinya dan mampu menyiapkan ketrampilan hidup. Anak-anakku sejak hari ini, kalian harus mulai merencanakan dimana kelak akan hidup dan dengan cara apa akan dapat hidup. Anak-anak jangan hanya berhenti mempertanyakan cita-cita formal seperti menjadi pegawai, dokter, tentara, Bupati dan yang sejenisnya. Tapi tanyakanlah pada diri sendiri apa yang perlu disiapkan agar sanggup hidup lebih baik. Kang yoto ingat pesan mbok,  "tidak penting engkau menjadi apa dan dimana kau berada, tapi yang jauh lebih penting apakah engkau bisa berbuat baik bagi kehidupan atau tidak?

4. Hari ini saya minta bapak/ibu beserta anak-anak mulai saling memahami 9 (sembilan) keterampilan hidup yang saya sebut sebagai *sembilan ketrampilan kunci hidup sukses*, apa yang perlu dikembangkan dan bagaimana cara mencapainya bersama. Sembilan ketrampilan hidup itu adalah: Pertama, ketrampilan berniat baik. Kedua, ketrampilan berkarya yang dapat membuat anakku kelak mendapatkan pendapatan. Ketiga, ketrampilan komunikasi. Keempat, ketrampilan kerjasama. Kelima, ketrampilan berpikir kritis-reflektif bukan kritis sinis. Keenam, ketrampilan kreatif inovatif. Ketujuh, ketrampilan mengelola hati agar terus berbahagia dan kedelapan ketrampilan hidup sehat mandiri. Mengingat kita hidup di Bojonegoro yang pada musim kemarau maupun penghujan selalu ada bencana, maka, kalian juga harus bersiap menjadi orang yang tangguh dalam menghadapinya, untuk ini diperlukan ketrampilan kesembilan, yaitu ketangguhan dan bahkan unggul dalam kebencanaan.  isilah bersama buku rencana hidup anak-anak dan teruslah kelak kembangkan yang lebih baik.

5. Kedepan, putuskan kapan pertemuan Antara wali murid dengan bapak/ibu guru untuk mengevaluasi dan pengembangan proses belajar bersama.

6. Jadikanlah lingkungan sosial dan alam menjadi bahan pengalaman, bahan pembelajaran, sasaran untuk diperbaiki bersama sama. Inilah yang disebut dengan Realistic Education, sebuah pendidikan yang berdasar pada dunia nyata, yang menantang ketrampilan hidup dan berkembang bersama untuk menciptakan kehidupan lingkungan yang lebih baik secara nyata. Jadikanlah sekolah kalian sebagai bukti nyata bahwa bapak/ibu guru, murid dan wali murid bersama dengan warga dan Pemerintah di lingkungannya masing-masing telah berbuat dan melakukan usaha nyata memperbaiki kehidupan.

7. Suatu hari saya berharap diantara sekolah dan warga saling berkunjung untuk saling belajar atas kemajuan masing-masing. Itulah suatu masa dimana kemajuan akan menjadi proses bersama yang akan terus menerus berkembang tanpa batas. Saya yakin dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan dampaknya akan sangat terlihat dalam kehidupan kita bersama.

Akhirnya Kang Yoto ingin menyampaikan selamat belajar bagi semua yang hadir:
• Bagi wali murid selamat belajar menjadi orang tua  yang lebih baik,
• Bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah selamat belajar menjadi pendidik yang lebih baik,
• Bagi anak-anak selamat belajar meningkatkan ketrampilan hidup,
• Dan bagi diri Kang Yoto sendiri, berserta Dinas Pendidikan, Camat dan Kades mari kita belajar menjadi pelayan yang lebih baik, menjadi bagian dari solusi kehidupan.

Semoga Allah, Tuhan yang Maha Pemurah selalu merahmati dan meridhoi semua langkah hidup kita. Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera buat kita semua, Bojonegoro, 17 Juli 2017.
Bupati Bojonegoro, Drs. H. SUYOTO, M.Si

Tag : sambutan bupati hari pertama masuk sekolah, sambutan bupati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat