17:00 . Yuk...! Datang, Akhir Pekan, PERISTIWA HARMONNI Bikin Konser   |   16:00 . Ketoprak dan Festival Nasi Buwuhan Meriahkan Puncak Agustusan Desa Kenep   |   15:00 . Usai Dilantik Akan Diisi Ketua Sementara, PKB Tunjuk Imam Sholikin   |   14:00 . Perak Kejurnas dari Fauzan untuk Jatim   |   13:00 . Fauzan, Atlet Bojonegoro Sabet Perak   |   12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Tunggu Persyaratan dan SK Bupati   |   11:00 . Konter di Cengungklung Terbakar   |   10:00 . Pipa PDAM di Dander dan Purwosari Bocor, Distribusi Air Terganggu   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Toko Ponsel di Cengungklung Terbakar   |   08:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu di Balen Kembali Terbakar   |   07:00 . Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Ikut Memicu Hipertensi   |   20:00 . Tembakau Virginia dan Jawa Lebih Dipilih Petani Bojonegoro   |   19:00 . Usai Laksanakan Rukun Haji, Sebagian Jemaah Laksanakan Thawaf Ifadloh   |   18:00 . Unsur Pimpinan Ditentukan DPP, DPC Demokrat Tunggu Keputusan   |   17:00 . Rumah dan Lahan Hutan Dominasi Kebakaran di Bojonegoro   |  
Wed, 21 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 19 July 2017 15:00

Rekrutmen Perangkat Desa

Bersaing, Ribuan Perangkat Desa Kosong Segera Terisi

Bersaing, Ribuan Perangkat Desa Kosong Segera Terisi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca pengesahan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang perangkat desa, persaingan warga menduduki jabatan tersebut akan terjadi. Pasalnya ribuan perangkat desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro akan segera diisi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Djumari menjelaskan, digelarnya kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap Perda nomor 10 tahun 2016 dan perda Nomor 1 Tahun 2017, tentang perangkat desa. Sehingga terlaksananya pengisian perangkat desa secara serentak di Kabupaten Bojonegoro. "Sekarang ini jabatan perangkat desa yang kosong sejumlah 1.236 perangkat," jelasnya.

Yang terdiri dari 190 jabatan sekretaris desa, 87 kasi pemerintahan, 74 kasi kesejahteraan, 84 kasi pelayanan. Sedangkan jabatan lain adalah 112 kaur tata usaha dan umum, 106 kaur keuangan, 419 kaur perencanaan dan 164 jabatan kepala dusun.

"Materi yang diberikan dalam kesempatan ini adalah tahapan pengisian perangkat desa dan penjelasan tentang struktur organisasi dan tata kerja pemerintahan desa," terangnya.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Mitro’atin menceritakan, jalan panjang pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengisian perangkat desa ini, karena untuk hasil yang baik dan optimal, sehingga akan membawa dampak positif bagi terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Jadi anggapan bahwa DPRD mempersulit dan memperpanjang proses tidaklah benar. "Pembahasan yang dilakukan ini membutuhkan referensi kebijakan yang tepat, sehingga menghasilkan hasil yang terbaik. Dikaji dalam beberapa aspek dan dibahas secara mendalam dalam berbagai sudut pandang kebijakan," tuturnya.

Sedangkan Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono menegaskan, proses pengisian perangkat desa akan dilakukan secara jujur, terbuka dan diawasi oleh semua komponen yang ada. "Pengisian ini adalah hal yang sangat ditunggu oleh semua kalangan, jadi dari apa yang ditunggu ini diharapkan agar test yang dilakukan akan berjalan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula," tegasnya.

Ditambahkan, apalagi selama ini ada kesan bahwa akibat kekurangan perangkat, membawa dampak dengan berkurangnya kinerja dari pemerintah desa. Pasalnya desa merupakan kunci dan ujung tombak pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, jadi jika desa baik maka dijenjang berikutnya juga akan baik.

Sebenarnya perangkat itu pada intinya baik, kata Wabup, namun faktor lain seperti lingkungan akan membawa dampak yang mampu merubah seseorang dari yang semula baik menjadi melakukan hal yang kurang baik. "Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah akan ikut mengawasi proses pengisian perangkat desa ini," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : rekrutmen pamong desa, rekrutmen perangkat desa bojongoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat