10:00 . Berdesak-Desakan, Pemilih di Desa Campurejo Pingsan   |   09:00 . Gerakan Pengendalian Penggerek Batang Disperta Lanjut di Balen   |   08:00 . Pilkades Serentak Bukan Hari Libur Daerah   |   07:00 . Riset: Anak Kedua Laki-laki Cenderung Lebih Nakal   |   21:00 . PDAM Macet, Begini Tanggapan Perusahaan   |   20:00 . Masyarakat Keluhkan Air PDAM Macet   |   19:00 . Lini Depan Kurang Tajam, Pelatih Persibo Terus Berburu Striker   |   18:00 . 352.567 Rokok Ilegal Dimushakan   |   17:00 . DPMD Pastikan Seluruh Desa Sudah Terima Dana Oprasional Pilkades   |   16:00 . Persiapkan Kondisi Fisik, Tim Futsal Porprov Bojonegoro Check Up Kesehatan   |   15:00 . Tingginya Pengangguran Pencaker Kurang Manfaatkan Media Informasi   |   14:00 . Kurangi Penggangguran Pasca Kelulusan Sekolah, UPT BLK Gelar Job Market Fair 2019   |   13:00 . PU Fraksi DPRD Dijawab Pemkab   |   12:00 . Sejarah Pilkades dari Masa ke Masa   |   11:00 . Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan 352.567 Batang Rokok   |  
Wed, 26 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 19 July 2017 15:00

Rekrutmen Perangkat Desa

Bersaing, Ribuan Perangkat Desa Kosong Segera Terisi

Bersaing, Ribuan Perangkat Desa Kosong Segera Terisi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca pengesahan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang perangkat desa, persaingan warga menduduki jabatan tersebut akan terjadi. Pasalnya ribuan perangkat desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro akan segera diisi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Djumari menjelaskan, digelarnya kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap Perda nomor 10 tahun 2016 dan perda Nomor 1 Tahun 2017, tentang perangkat desa. Sehingga terlaksananya pengisian perangkat desa secara serentak di Kabupaten Bojonegoro. "Sekarang ini jabatan perangkat desa yang kosong sejumlah 1.236 perangkat," jelasnya.

Yang terdiri dari 190 jabatan sekretaris desa, 87 kasi pemerintahan, 74 kasi kesejahteraan, 84 kasi pelayanan. Sedangkan jabatan lain adalah 112 kaur tata usaha dan umum, 106 kaur keuangan, 419 kaur perencanaan dan 164 jabatan kepala dusun.

"Materi yang diberikan dalam kesempatan ini adalah tahapan pengisian perangkat desa dan penjelasan tentang struktur organisasi dan tata kerja pemerintahan desa," terangnya.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Mitro’atin menceritakan, jalan panjang pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengisian perangkat desa ini, karena untuk hasil yang baik dan optimal, sehingga akan membawa dampak positif bagi terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Jadi anggapan bahwa DPRD mempersulit dan memperpanjang proses tidaklah benar. "Pembahasan yang dilakukan ini membutuhkan referensi kebijakan yang tepat, sehingga menghasilkan hasil yang terbaik. Dikaji dalam beberapa aspek dan dibahas secara mendalam dalam berbagai sudut pandang kebijakan," tuturnya.

Sedangkan Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono menegaskan, proses pengisian perangkat desa akan dilakukan secara jujur, terbuka dan diawasi oleh semua komponen yang ada. "Pengisian ini adalah hal yang sangat ditunggu oleh semua kalangan, jadi dari apa yang ditunggu ini diharapkan agar test yang dilakukan akan berjalan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula," tegasnya.

Ditambahkan, apalagi selama ini ada kesan bahwa akibat kekurangan perangkat, membawa dampak dengan berkurangnya kinerja dari pemerintah desa. Pasalnya desa merupakan kunci dan ujung tombak pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, jadi jika desa baik maka dijenjang berikutnya juga akan baik.

Sebenarnya perangkat itu pada intinya baik, kata Wabup, namun faktor lain seperti lingkungan akan membawa dampak yang mampu merubah seseorang dari yang semula baik menjadi melakukan hal yang kurang baik. "Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah akan ikut mengawasi proses pengisian perangkat desa ini," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : rekrutmen pamong desa, rekrutmen perangkat desa bojongoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat