21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berikan Keleluasaan Anak Bermain Hingga Usia 7 Tahun

blokbojonegoro.com | Monday, 24 July 2017 07:00

Berikan Keleluasaan Anak Bermain Hingga Usia 7 Tahun

Reporter: - 

blokBojonegoro.com - Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Apalagi di saat mereka masih di bawah usia tujuh tahun. Pada masa itu, bermain adalah aktivitas yang perlu dilakukan.

Konsep inilah yang dipegang oleh Dik Doank, pendiri sekolah alam Kandank Jurank Doank. Pria dengan nama asli Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma ini mengatakan, tugas anak-anak hingga usia tujuh tahun adalah bermain. Proses tersebut perlu dilalui agar anak-anak tidak dewasa terlalu cepat karena kebanyakan belajar.

"Karena (kalau melewatkan proses bermain), kelak kamu akan menemukan anak yang berusia dewasa tapi bersifat kekanak-kanakan. Ini bahaya, anak kecil itu tugasnya main," kata Dik Doank dalam acara Aku Indonesia di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

Dia mencontohkan, negara Finlandia dengan sistem pendidikan terbaik di dunia menerapkan kebijakan anak usia di bawah tujuh tahun untuk tidak sekolah. Anak-anak diwajibkan bersama ibunya untuk bermain sekaligus belajar.

Namun, tambah Dik, yang terjadi di Indonesia adalah sebaliknya. Para orangtua panik bila anak-anak mereka hingga usia tujuh tahun belum sekolah, baik itu pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak atau pun sekolah dasar (SD).

Para orangtua berbondong-bondong menyekolahkan anak, sementara mereka sibuk bekerja. Pengawasan orangtua pun dianggap kurang, yang akhirnya dititipkan ke nenek atau kakek. Lantas, apa yang didapat dari kegiatan bermain anak-anak?

Dik tak secara tegas menentang anak-anak untuk masuk PAUD atau pun TK. Dia hanya melihat bahwa semangat anak-anak yang ikut kegiatan sekolah tersebut harus lah bermain. Dengan kata lain, mereka harus senang. "Belajar itu cuma bonus," kata Dik.

Dia mencontohkan konsep bermain permainan tradisional gobak sodor yang memiliki semangat kebersamaan. Di sana anak-anak bisa belajar sambil bermain. Dia pun tidak menyarankan anak-anak bermain video games yang hanya mementingkan kemenangan, bukan kerjasama.

"Siapa bilang main itu bukan belajar? Main itu lebih dari belajar," kata Dik.

Dia menambahkan, "Messi itu ngapain? Main bola bukan? Gara-gara dia main bola, kita semua belajar bola. Tapi yang dimainkan Messi itu apa? Passionnya dia," ujarnya.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/21/204405520/

berikan-keleluasaan-anak-bermain-hingga-usia-7-tahun

Tag : Usia, bermain, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat