16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pentingnya Open Data Bagi Jurnalis dan Pemerintah

blokbojonegoro.com | Sunday, 30 July 2017 22:00

Pentingnya Open Data Bagi Jurnalis dan Pemerintah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menerapkan Open Gaverment Partnership (OGP), membuat jurnalis di Kota Ledre harus mengimbanginya. Pasalnya, open data terhadapan layanan publik utamanya, sangat penting bagi jurnalis dan pemerintah.

Sehingga, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro adakan focus group discussion (FGD) di hotel and resto MCM jalan Pemuda Bojonegoro, Minggu - Senin (30-31/7/2017). Melalui tema diskusi 'Peran media dalam keterbukaan data di Indonesia' yang diikuti sekitar 30 jurnalis di Bojonegoro.

Dalam agenda tersebut, ada sejumlah narasumber yang mengupas dan mendiskusikan tentang cara menggunakan data dalam penyajian media yang informatif. Beberapa narasumber yang hadir meliputi perwakilan Dinas Kominfo Bojonegoro, Idfos Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang.

Ketua AJI Bojonegoro, Anas Abdul Ghofur menjelaskan, tujuan FGD ini untuk mengkapanyekan transparansi, keterbukaan informasi dan data pemerintah dalam isu layanan publik. Serta menggali lebih dalam keterbukaan data publik yang di bawah koordinasi sekretariat Open Geverment Indonesia (OGI) saat ini.

"Membangun pemahaman bersama antara jurnalis dan sekretariat OGI terkait nilai penting open data dan open goverment bagi Pers dan pemerintah," terangnya.

Termasuk mendorong sekretariat OGI agar dapat menyediakan data, sesuai dengan kebutuhan pers untuk meningkatkan kualitas karya jurnalistik dan peran pers. Selain itu berbagi pengalaman barrier optimalisasi data dalam melakukan peliputan isu layanan publik. Serta mendorong editor dan jurnalis terlibat dalam kampanye keterbukaan data untuk publik

"Terbangun pemahaman yang sama nilai strategis open data, tidak hanya bagi pers tapi juga buat pemerintah," harapnya.

Sementara itu Direktur Idfos Indonesia, Joko Hadi Purnomo menyampaikan, beberapa kajian Idfos sudah melakukan kajian terkait OGP yang dilakukan Pemkab Bojonegoro. Namun dalam rapat OGP yang melibatkan beberapa unsur, baik NGO, pengusaha dan yang lain.

"Namun dari perwakilan media tidak tampak (saat rapat OGP). Padahal media berperan penting dalam penyampain informasi secara menyeluruh," sebutnya.

Akademisi salah satu kampus di Tuban itu juga mengkritisi terkait OGP yang diterapkan Pemkab Bojonegoro. Pasalnya dalam data yang disajikan menggunakan program PDF, sehingga membuat jurnalis kesulitan dalam mengolahnya menjadi karya jurnalis. "Tidak hanya program PDF itu, website yang digunakan loading lama (sulit diambil)," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : aji, idfos, ogp, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat