Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Aturan Baru, Parpol Harus Siapkan Diri

blokbojonegoro.com | Monday, 21 August 2017 15:00

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Berbeda dengan aturan pelaksanaan pemilihan umum sebelumnya, terutama pemilihan legislatif. Pasalnya sesuai undang-undang pemilu yang baru akan diterapkan, partai politik (Parpol) harus bersiap diri mengikuti regulasi baru tersebut.

Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munib mengatakan, kedatangan DPC PKB sangat diterima dengan baik, karena melalui komunikasi dan sharing mengenai perundang-undangan akan lebih enak dalam implementasinya.

Sehingga dalam berdiskusi tahapan pemilu bupati dan termasuk pembahasan hal-hal strategis di dalam undang-undang yang belum diberikan nomernya terkait konversi suara menjadi kursi. "Yang perlu disiapkan partai adalah persiapan regulasi baru karena mereka juga sebagai peserta pemilu dan mereka sebagai pelaksana atas berbagai ketentuan dalam peran undang-undang," jelasnya.

Selain itu ada perbedaan dengan tahun lalu, diantaranya adalah soal konversi suara menjadi kursi. Kalau tahun 2014 memakai model kuota her ada BPP, tapi di pemilu 2019 nanti di dalam undang-undang sudah disepakati, namun belum ditandatangani akan ada model konversi suara menjadi kursi dengan menggunakan model sainte league.

"Shingga tidak ada lagi BPP, yang ada adalah suara itu dibagi dengan 1, 3, 5 dan seterusnya," terang Munib. [zid/mu]

Tag : parpol, aturan baru pemilu, kpu bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini