Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hasil Kacang Hijau Petani Sembung Tahun Ini Memuaskan

blokbojonegoro.com | Monday, 21 August 2017 13:00

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Sebagian petani di Desa Sembung, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro mulai panen kacang hijau, dan hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan, serta harga cukup bagus.

Salah satu petani, Wanto mengatakan, hasil panen kacang hijau tahun ini cukup baik dan hasilnya pun lebih baik daripada tahun lalu. "Untuk harga juga terbilang stabil berkisar antara 10 ribu hingga 11 ribu perkilo," ucapnya.

Para petani desa setempat mengaku, setiap usai musim panen padi kedua, sejumlah petani memilih menanam kacang hijau maupun kedelai, karena lahan tersebut cocok untuk dua jenis tanaman itu. "Kalau jagung juga ada, namun petani  yang menanamnya bisa dibilang hanya beberapa saja," tambah Wanto.

Senada dengan Wanto, petani lain Sutik mengaku, dirinya selalu  menanam kacang hijau karena hasilnya bisa dipanen beberapa kali, lain halnya kalau ditanami kedelai karena hanya sekali panen.

"Kacang hijau kalau panen diambil yang sudah tua, yang cirinya hitam warna kulit kacang hijaunya," ucapnya.

Disamping itu kacang hijau perawatannya tidak memerlukan banyak air, oleh karena sudah jadi rutinitas setiap memasuki musim kemarau lahan persawahan di Desa Sembung ditanami kacang hijau. [saf/mu]

Tag : kacang hijau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini