16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kembangkan Budaya Literasi, Ada Fasilitas Baca di RSUD Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 August 2017 19:00

Kembangkan Budaya Literasi, Ada Fasilitas Baca di RSUD Bojonegoro

Reporter: Parto Samito/Joel Joko
 
blokBojonegoro.com - Upaya meningkatan minat baca di masyarakat terus dilakukan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat, perusahaan, hingga gerakan-gerakan yang dilakukan kelompok sukarelawan.
 
Berbagai program dan kegiatan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat sadar literasi. Sasaran dan lokasinya pun beragam. Seperti yang dilakukan oleh Manajemen RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo.
 
Rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini bekerja sama dengan Operator Lapangan Minyak Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk menggalakkan gerakan literasi. Dengan dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bojonegoro dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Bojonegoro, EMCL membuat fasilitas baca di rumah sakit tersebut.
 
"Bantuan ini diharapkan bisa memberi tambahan wawasan dan membantu penyembuhan pasien," tutur Kepala RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo, Dr. H. Hariyono, M.Si, saat serah terima bantuan di lobby rumah sakit, Rabu (23/8/2017)
 
Hariyono mengatakan, banyak di antara pasien yang sakit karena gangguan mental dan pikiran sehingga ketika diberi wawasan dan pencerahan ilmu, mendorong mereka untuk sembuh. 
 
“Harapannya dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat untuk jangka panjang agar pengunjung Rumah Sakit bisa lebih nyaman dan gemar membaca,” ungkapnya dalam sambutan.
 
Bantuan yang diberikan EMCL kepada RSUD Bojonegoro berupa sebuah rak majalah beserta buku dan satu set kursi. Pada saat yang sama, EMCL juga memberi bantuan untuk Perpustakaan Daerah Bojonegoro berupa 400 buku, sebuah meja besar dan  delapan kursi.
 
“Perlu sinergritas semua elemen untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang saat ini kurang,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Bojonegoro, Drs. Nuzulul Hudaya, M.Si.
 
Menurut Huda, kerja sama multi pihak ini harus selalu dibangun. Kata dia, selama ini masih minim terobosan-terobosan dalam gerakan literasi. Dan ketika ada juga belum terorganisasi dengan baik.
 
"Setidaknya kerja sama ini akan menginspirasi yang lain bahwa gerakan literasi, baca buku tidak hanya di sekolah atau di perpustakaan saja," katanya.
 
Hal ini diamini oleh Government and Media Relations Manager EMCL, Katri Krisnati. Baginya, budaya baca erat kaitannya dengan budaya diskusi, menulis, dan apresiasi terhadapnya. "Jika terus diapresiasi, dimotivasi, dan diinspirasi, maka menumbuhkan kebiasaan ini akan mudah," cetusnya.
 
Menurut Katri, kerja sama ini merupakan komitmen EMCL dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan. Selama ini, lanjut dia, EMCL melaksanakan berbagai program di bidang pendidikan. "Semua upaya ini kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di bidang pendidikan," pungkasnya. [ito/lis]

Tag : Baca, emcl, dinas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat