17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KKN Unigoro Bentuk BUMDes Bank Sampah di Tulungrejo

blokbojonegoro.com | Thursday, 24 August 2017 21:30

KKN Unigoro Bentuk BUMDes Bank Sampah di Tulungrejo

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat), Mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bank sampah di Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Hal itu dilakukan saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unigoro di desa tersebut.

Secara simbolis launching BUMDes Bank Sampah dihadiri Bupati Bojonegoro, Suyoto bersama Ketua yayasan Suyitno Bojonegoro, Rektor Unigoro, Camat, Kapolsek, Danramil Trucuk, Kepala Desa dan warga setempat.

"Masih terkendala akan menangani masalah sampah ini, dikarenakan di Desa Tulungrejo masih membuang sampah di bantaran Bengawan Solo, dibakar dan sampah basah tidak mampu diolah kembali serta masalah sampah juga menyebabkan penyakit (Demam Berdarah) terutama di RT.11," kata Kepala Desa Tulungrejo, Darto.

Menurutnya, dengan keberadaan mahasiswa-mahasiswi Unigoro KKN Tematik yang bertempat di Desa Tulungrejo memberikan solusi pada sampah melalui program bank sampah. "Sehingga sampah yang diawal tidak menguntungkan mampu bernilai ekonomis, lingkungan sehat dan bebas penyakit," ujnya.

Sementara itu, Dwi Wijayanti, Koordinator Bank Sampah KKN Tematik Unigoro menjelaskan, program bank sampah ini adalah langkah awal untuk ikut dalam mengatasi permasalan yang ada di Desa Tulungrejo. Dalam hal ini kami KKN Unigoro ikut mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga yaitu pengabdian masyarakat.

"Bermodal dari sini kami mendapat respon antusias masyarakat setempat dengan nasabah dan pengurus bank sampah jumlah total 142 nasabah, memberikan rona cerah untuk masa depan," jelasnya.

Sedangkan Ketua Yayasan suyitno Bojonegoro, Arif Januarso menyampaikan, agenda KKN ini dilakukan setiap tahun membantu masyarakat untuk mengatasi masalah. "Program KKN tahun ini adalah KKN tematik, dimana program-program KKN mempertimbangkan Masalah dan potensi desa dengan metode pemberdayaan masyarakat," tutur Mas Ayik.

Bupati Bojonegoro, Suyoto yang meresmikan langsung bank sampah tersebut sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN Unigoro. Pasalnya melalui program tersebut dapat membantu dan dirasakan secara nyata oleh masyarakat. [zid/lis]

Tag : bumdes, bank, sampah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more