Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemarau, Petani Kabunan Tanam Kacang Hijau dan Kedelai

blokbojonegoro.com | Saturday, 26 August 2017 14:00

Kemarau, Petani Kabunan Tanam Kacang Hijau dan Kedelai

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Para petani di Desa Kabunan, Kecamatan Balen pada musim pancaroba ini, lebih memilih tanaman yang tidak banyak membutuhkan air, seperti menanam tanaman kedelai maupun kacang hijau, karena kedua tanaman tersebut sudah menjadi kebiasaan petani usai panen padi yang kedua.

Salah satu petani, Sarmin mengatakan, pada musim seperti ini biasa lebih memilih menanam tanaman kacang hijau ataupun kedelai karena tidak banyak membutuhkan air.

"Karena dua jenis tanaman itu cocok untuk musim peralihan seperti ini," ujarnya

Meski begitu, para petani desa setempat biasanya mempertimbangkan harga jual hasil panen nantinya. Oleh karenanya, sebelum menanam, melihat peluang mana yang baik untuk menanami lahan persawahannya.

Petani lain, Sukran mengungkapkan, dirinya selalu memilih tanaman Kacang hijau karena perawatannya mudah dan perlu banyak air, dan masa panen hasilnya cukup bagus.

"Biasanya petani sini memilih 2 jenis tanaman antara kacang hijau ataupun kedelai, tinggal yang punya sawah mau menanam apa," sambungnya.

Saat ini lahan persawahan petani desa setempat  tanaman yang ditanam rata-rata sudah berumur 2 hingga 3 bulan, dan sebentar lagi akan memasuki masa panen.  Petani berharap saat masuk masa panen nantinya, nilai harga jualnya masih tinggi. [saf/ito]

Tag : petani, kabunan, balen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini