21:00 . Disdikda Wacanakan Peningkatan SDM Guru di Bidang IT   |   18:00 . Bulan K3, Pertamina Ajak Utamakan Keselamatan dan Kesehatan dalam Bekerja   |   17:00 . Ngopi, Pemuda di Sugihwaras Jadi Korban Pencurian   |   16:00 . BKPP Buka Pendaftaran Lowongan Kepala Dinas Kosong   |   15:00 . Cerdas Bagi Waktu Kuliah S3, Dosen dan Ibu Rumah Tangga   |   13:00 . Pertamina Tanggapi Kabar LPG 3 Kg Dicabut   |   12:00 . 3 Alat Sampai, Tersisa 3 Alat Jumbo JTB Siap Dikirim   |   11:00 . Polres Waspada Peredaran Miras   |   10:00 . Deklarasikan Damai Jelang Pilkades dan Apel Penangulangan Bencana   |   09:00 . Ajari Anak Cinta Lingkungan dengan Les Bayar Botol Bekas   |   08:00 . Melihat Pemburu Belalang di Hutan saat Malam Hari   |   07:00 . Cara Kembangkan Kecerdasan Berbahasa Anak   |   16:00 . Panti Asuhan Manfaatkan Kotoran Sapi Jadi Biogas dan Pupuk   |   15:00 . 274 Mahasiswa Ikuti Seminar dan Workshop PTK Himafata   |   14:00 . Pemkab Siapkan SDM untuk IT Menuju Smart Technology   |  
Sat, 18 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 26 August 2017 11:00

OPSHID Bojonegoro di Film Wage

Proses Pembuatan Film tak Semudah yang Dibayangkan

Proses Pembuatan Film tak Semudah yang Dibayangkan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Dalam proses pembuatan film Wage, yang di dalamnya turut serta Organisasi Pemuda Shiddiqiyah (OPSHID) Bojonegoro, berjalan cukup melelahkan. Akan tetapi, banyak manfaat yang dirasakan dan sangat berkesan. Hal itu disampaikan oleh salah satu pemuda OPSID Bojonegoro, M. Asep Awaludin yang turut menjadi bagian dalam film Wage.

"Meski berperan sebagai figuran, tapi banyak ilmu dan pengetahuan yang kami dapatkan. Selain itu, ternyata proses pembuatan film tak semudah yang dibayangkan," ujar Asep.

[Baca juga: Tayang Oktober, OPSHID Bojonegoro Turut Peran di Film Wage ]

Pemuda kelahiran Bojonegoro 27 November 1989 itu menjelaskan, Sosok Wage Rudolf (WR) Soepratman merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Namun tak banyak masyarakat, khususnya pemuda yang tahu tentang perjalanan hidup dari sosok Wage.

Salah satunya, nama Rudolf adalah nama Belanda yang diberikan sewaktu dirinya masih kecil dan diasuh oleh kakaknya, yakni Reokiyem. "Tapi kami menyebut nama aslinya yakni Wage Soepratman," jelasnya.

Sedangkan pada proses pembuatan film, diakui Asep ternyata butuh banyak waktu dan cukup melelahkan. Misalnya untuk scene yang hanya beberapa menit saja, persiapannya sudah satu hari dan pengambilan adegan biasa memakan waktu berjam-jam.

Pada proses pengambilan gambar dilakukan di Kota Tua Semarang dan Magelang mulai tanggal 22 Juli hingga 22 Agustus 2017 kemarin. "Selesai syuting kemarin, semua kru ke Jombang untuk syukuran," terang pemuda asal Desa Ngraseh, Kecamatan Dander itu.

Asep berharap, dengan adanya film Wage yang akan diputar serentak pada tanggal 28 Oktober 2017 mendatang, generasi muda bisa mengerti bagaimana perjuangan dari Wage Soepratman yang telah menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang menjadi lagu wajib nasional. [ito/mu]

Foto: Doc. M Asep Awaludin

Tag : wage, film, wr soepratman, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 14 January 2020 16:00

    HUT YPPRT Ke-44 Balen

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat