18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sekda Se-Provinsi Kalbar Kunjungi Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 September 2017 15:00

Sekda Se-Provinsi Kalbar Kunjungi Bojonegoro

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Di hadapan 80 peserta Branchmarking pendidikan dan pelatihan pimpinan tingkat IV angkatan XVIII dan XIX Provinsi Kalimantan Timur, yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro, Rabu (13/9/2017) pagi, Bupati Bojonegoro mengingatkan 3 hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Menurut Kang Yoto Bupati Bojonegoro, 3 hal penting yang harus dimiliki adalah sadar diri, sadar misi dan sadar peran. Dijelaskan Bupati Bojonegoro, sadar diri adalah bagaimana seseorang menyadari bahwa sebagai pelayan rakyat harus menempatkan diri sebagai pelayan yang mau mendengar dan mengetahui. Harus dipahami benar, bahwa masalah rakyat adalah masalah kita atau masalah pemerintah. Dengan memahami masalah yang berkembang di tengah masyarakat, maka kita telah menjadi bagian dari solusi yang dihadapi oleh masyarakat. Menurut Bupati, dengan keterbatasan inilah membuat kita akhirnya mengambil langkah cerdas atau langkah inovasi untuk menyelesaikan masalah rakyat di tengah keterbatasan yang kita miliki.

"Kedua Sadar misi, kita harus memahami benar apa misi yang akan kita usung kedepan dan misi apa untuk membantu menyelesaikan masalah rakyat. Sedangkan sadar yang ketiga adalah sadar peran, ditengah keterbatasan dan banyaknya masalah yang dihadapi rakyat ini, maka kita akan mengambil langkah sesuai kebijakan kita untuk bisa keluar, inovasi terkadang lahir dari keterbatasan yang melingkupi kita. Kita dapat berkarya dan mencoba jalan keluar dari masalah itu dengan kecerdasan lokal yang kita miliki," jelasnya.

Di hadapan seluruh peserta Branchmarking, Bupati menceritakan, bahwa apa yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro merupakan flashback dari 10 tahun Bojonegoro dimasa lalu. 10 tahun lalu kita terkenal sebagai daerah yang langganan banjir dan daerah miskin, kita juga dikenal sebagai daerah dengan jalan dan infrastruktur yang rusak. Belum lagi adanya anggapan dari masyarakat kita bahwa mental birokrat kita memiliki mental korup. Belum lagi Kabupaten Bojonegoro ditahun 1900-an adalah daerah yang dilanda kemiskinan yang luar biasa yang disebut dengan endemic poverty. Ditahun 2000 Kabupaten Bojonegoro masuk kabupaten miskin di di Jawa Timur. "Kemudian ditahun 2008 kita masuk 3 besar termiskin di Jawa Timur. Kemudian ditahun 2016 ini kita berhasil lepas dari jebakan 10 besar daerah termiskin di Jawa Timur," jelas Kang Yoto.

Bupati mentargetkan, bahwa 2 tahun kedepan akan mampu melampui Kabupaten Gresik. Kelakar Bupati. Mengapa berani mentargetkan demikian, karena masa kepemimpinan beliau hanya tinggal berapa bulan saja. Jadi ini adalah semacam tantangan bagi pemimpin masa depan Bojonegoro untuk berbuat dan bekerja lebih baik. "Ini adalah lecutan positif agar pemimpin Bojonegoro dimasa depan harus bekerja keras," harapnya tegas.

Bupati yang terpilih dua periode itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, yang telah mau belajar bersama dengan Kabupaten Bojonegoro. Ini buka berarti Bojonegoro lebih unggul, kata Bupati, namun adalah proses belajar bersama. "Sebenarnya dengan study banding ini Bojonegoro pun mengambil ilmu dan keberhasilan daerah yang datang ke Bojonegoro. Jadi ini adalah momentum untuk saling bertukar pengalaman dalam memajukan wilayahnya," kata Kang Yoto.

Ir. Anggraito, MM dalam kesempatan ini dirinya mengajak seluruh Sekretaris Daerah di Provinsi Kalimantan Barat, selain itu 40 peserta Diklatpim IV angkatan XVIII dan 40 peserta dari angkatan XIX, yang akan melakukan kunjungan atau fokus di 4 Organisasi Perangkat Daerah yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendakatan, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. [saf/mu]

Tag : bojonegoro, kalbar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat