18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kuburan di Trucuk Dilubangi Orang

Polisi Selidiki Motif Pelaku Pembongkaran Makam

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 October 2017 19:00

Polisi Selidiki Motif Pelaku Pembongkaran Makam

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca dibongkarnya salah satu kuburan di tempat pemakaman Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (7/10/2017) pagi, membuat warga setempat gempar. Sehingga pihak kepolisian memasang garis polisi di sekitar kuburan dan menyelidiki motif pelaku.

Baca juga [Ha...? Tali Pocong dan 'Gelu' Mayat Hilang]

Kapolsek Trucuk, AKP. Singgih membenarkan kejadian tersebut. Sehingga selain petugas meminta keterangan beberapa saksi terkait pembongkaran makam tersebut, juga masih berupaya melakukan penyelidikan. "Belum diketahui pelaku dan motif pembongkaran makam tersebut, saat ini masih dalam penyelidikan petugas," terangnya.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, pertama kali yang melihat kuburan dalam keadaan berlubang adalah Sarjiman (65), warga Desa Mori RT.07/RW.02 yang hendak pergi ke sawah. Setelah dekat makam, kaget melihat ada gundukan tanah dan lubang dekat kuburan, namun jenazahnya tidak terlihat.

Mengetahui kejadian tersebut, saksi melaporkan kepada sekdes setempat dan kepada ahli warisnya, kemudian dilaporkan kepada polisi. "Jenazah baru dimakamkan hari Jumat kemarin, paginya makamnya sudah dirusak," ungkapnya.

Jenazah yang diketahui bernama almarhumah Siti Aminah (77) warga Desa Mori RT.08/RW.03, yang dikubur pada Jumat Wage, 6 Oktober 2017 kemarin dilakukan pengecekan dengan cara melihat ke dalam lubang kuburan oleh Sadir, ahli waris almarhumah. Berdasarkan pengecekan tersebut diketahui bahwa barang yang ada dalam kuburan tidak ada yang hilang. "Tidak ada barang yang hilang dan selanjutnya lubang ditutup kembali seperti semula," pungkasnya.

Sebelumnya, keterangan berbeda disampaikan salah satu warga, Wito yang mengatakan, sebelum dirapikan kembali, ada orang yang mengecek dengan memasukkan tangannya ke dalam lubang tersebut. "Tali dan 'gelo' (tanah bulat, sebagai penyangga mayat) hilang dan acak-acakan," kata Wito saat di lokasi kuburan.

Wito bersama warga lainnya menduga, orang yang melubangi makam itu sudah tahu kondisi kuburan setempat. Pasalnya pelaku membuat lubang berada persis di sebelah barat makam dan tepat pada kepala mayat.

"Jadi langsung ke kepala. Kalau dari timur akan mentok pada kayu penutup mayat," jelasnya kepada blokBojonegoro.com, sambil menunjukkan bekas lubang yang sudah ditutup. [zid/mu]

Tag : kuburan, lubang kuburan, mori, trucuk, kuburan trucuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat