17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

282 Warga Sekitar Blok Tuban Pulang Bawa Ketrampilan Baru

blokbojonegoro.com | Saturday, 28 October 2017 10:00

282 Warga Sekitar Blok Tuban Pulang Bawa Ketrampilan Baru

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 282 warga sekitar lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Blok Tuban dan Sukowati yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) usai mengikuti pelatihan ketrampilan selama 17 hari.

Mereka kini kembali dengan rutinitas sehari-hari berbekal pengetahuan dan pengalaman barunya. Pelatihan yang berakhir kemarin itu dengan tema Pelatihan Ketrampilan Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal. Diikuti masyarakat sekitar wilayah pengeboran di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Pelatihan dilakasanakan oleh JOB Pertamina – Petrochina East Java (JOB P-PEJ) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja dan UPT Pelatihan Kerja Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut ditutup oleh perwakilan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Siti Mutmainah.

Sebanyak 282 peserta dari 8 Desa di wilayah operasi JOB P-PEJ di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban itu mengikuti berbagai macam pelatihan sesuai dengan minat masing-masing. Diantaranya pelatihan Otomotif, Instalasi Listrik, Pengolahan Buah, Handicraft, Kue Basah dan Kering, Pakan Ternak dan Sablon Kaos.

Perwakilan manajemen JOB P-PEJ, Beno Mairuma, menyatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan bekal keterampilan bagi pencari kerja agar dapat mengisi pasar kerja atau berusaha mandiri, menciptakan wirausaha baru serta mengurangi pengangguran.

Ke depan, kata dia, diharapkan para peserta dapat menciptakan lapangan kerja produktif yang sebesar-besarnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, khususnya di desa-desa wilayah operasi lapangan migas Blok Tuban.

"Kami berharap kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dapat menunjang perluasan lapangan kerja karena sasaran yang hendak dicapai adalah bagaimana upaya menciptakan lapangan kerja yang produktif," katanya.

Salah satu peserta pelatihan dari Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Tutik mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. "Walaupun waktu pelatihannya terlalu singkat, namun pelatihan ini cukup menambah pengetahuan saya tentang teknik membatik,"  imbuhnya.

Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya selesai di tahun ini, tapi berkelanjutan dengan waktu pelatihan yang lebih panjang lagi. Tak lupa ia mengharapkan nantinya operator Blok Tuban yang baru tak hanya mengadakan pelatihan saja, namun juga melakukan pendampingan serta memberikan bantuan sarana penunjang usaha.

"Sehingga keterampilan yang kami dapatkan bisa berkembang dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : warga, blok, tuban, job p-pej



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat