18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

TPG Terhutang Guru Madrasah Bojonegoro Capai Rp32 Milyar

blokbojonegoro.com | Monday, 13 November 2017 14:00

TPG Terhutang Guru Madrasah Bojonegoro Capai Rp32 Milyar

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Hingga saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro belum bisa mencairkan Dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) terhutang yang mencapai ribuan guru di Kabupaten Bojonegoro, baik guru inspasing maupun non reguler mulai tingkat Raudhatul Atfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah karena masih dalam tahap validasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Pendma, Kemenag Bojonegoro, Asyik Syamsul huda saat ditemui blokBojonegoro.com. Menurutnya, proses Percepatan Pencairan TPG terhutang tersebut masih dalam tahap validasi data di Kanwil, padahal Pencairan itu, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap tenaga pendidik.

"Untuk Bojonegoro TPG yang terhutang totalnya sekitar  32 Milyar, " kata Asyik saat ditemui di ruang kerjanya

Namun, pencairan TPG itu bisa dicairkan menunggu validasi data sekaligus nantiya para guru harus mampu memberikan inovasi dan semangat kerja untuk lembaganya masing-masing. Pencairan TPG terhutang itu, dananya masuk Kas di Kanwil Provinsi Jatim.

"Ya dimasukan Kas, agar sewaktu-waktu pencairan itu dilakukan, langsung siap dikucurkan ke masing-masing guru bersangkutan," ungkap Asyik sapaan akrabnya

Akan tetapi, Asyik belum tahu pasti kapan TPG itu bisa dicairkan, namun yang pasti paling akhir bulan Maret 2018 sudah tidak ada tunggakan terhutang bagi guru di lingkup madrasah.

Adapun Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang terhutang se Jawa Timur totalnya mencapai 1,2 Trilyun, sedangkan TPG terhutang seluruhnya jumlahnya sekitar 4,7 trilyun.

Dari data yang didapatkan blokBojonegoro.com jumlah guru non PNS sebanyak 5.606, jumlah PNS sebanyak 614, guru sertifikasi PNS 218, guru non sertifikaai PNS ada 2.183, dan untuk guru non PNS Inpassing ada 1.603 guru.  Namun dari data itu data yang sudah terekap pada tahap I oleh Kanwil sebanyak 1700 lebih. Usulan validasi tahap II jumlah yang diusulkan TPG reguler sebanyak 365 guru sedangkan untuk Impassing sebanyak 685 guru.

Seperti diketahui sebagai persyaratan Tenaga pendidikan/guru untuk bisa mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) harus memenuhi 11 persyaratan, di antaranya guru tersebut harus mempunyai SK, absensi dan beberapa syarat lainnya yang dilampirkan oleh guru tersebut. [saf/ito]

Tag : tpg, terhutang, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat