12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tantangan Petani Bawang Merah, Hama dan Cuaca

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 January 2018 17:00

Tantangan Petani Bawang Merah, Hama dan Cuaca

Reporter: Sutopo
 
blokBojonegoro.com - Keuntungan yang didapat para petani bawang merah di Dusun Dibal, Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, dari hasil panen adalah ketika harga jual bersahabat, maka itu akan sebanding dengan perjuangan yang dilakukan selama perawatan, karena hama selalu mengintai tanaman para petani.
 
"Selain risiko bawang merah yang rentan diserang hama, juga kondisi cuaca saat musim hujan sangat mempengaruhi pertumbuhan bawang merah," kata petani Dusun Dibal, Desa Deling, Kecamatan Sekar, Warso.
 
Menurut Warso, jenis hama yang menyerang bawang merah biasanya ulat, gurem, dan grandong. Hama-hama tersebut jika tak segera diantisipasi dengan pengobatan pestisida maka bisa jadi bawang merah akan gagal panen.
 
"Serangan hama paling mematikan adalah hama grandong. Ulat dan gurem juga termasuk mematikan. Namun, masih lebih menakutkan grandong," bebernya.
 
Dengan, kelengkapan alat semprot dan racikan pestisida sebagian petani setempat harus rutin memberikan pengobatan.
 
Bahkan, seolah mereka tak mengenal waktu, pagi buta selepas salat subah suara motor terdengar jelas. Yaitu dengan pengendara menggunakan perlengkapan tengki atau alat semprot menuju sawah masing-masing.
 
"Hampir setiap hari jika hama menyerang saya rutin berangkat menyemprot saat pagi-pagi buta," tambah petani lain Sumingkat.
 
Tak hanya hama yang menjadi momok menakutkan bagi patani bawang merah. Hal yang menjadi momok menakutkan itu adalah kondisi cuaca saat hujan turun dengan intensitas tinggi.
 
Menurut dia, jika musim tanam tiba, seolah tidak ada waktu senggang bagi Sumingkat atau pun petani lain. Sebab, sebagian banyak waktu mereka dihabiskan di sawah atau ladang lainnya untuk merawat bawang merah.
 
"Untung lah saya sudah belajar dari pengalaman petani di Kabupaten Nganjuk, terkait cara perawatan bawang merah. Sehingga, kemungkinan panen masih bisa diharapkan. Namun, jika dalam perawatan ada keteledoran sedikit saja, maka akan berakibat fatal," beber Sumingkat. [top/mu]

Tag : Bawang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat