Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Air Bengawan Naik, Gundukan Sampah Membahayakan Perahu

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 January 2018 11:00

Air Bengawan Naik, Gundukan Sampah Membahayakan Perahu

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Debit air Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (6/1/2017) terpantau meluap. Terlihat sampah rumah tangga maupun kayu menumpuk sehingga membentuk gundukan besar.

Wahidin, salah seorang masyarakat yang berada di Taman Bengawan Solo (TBS) Kota Bojonegoro, sangat prihatin dengan sampah yang terbawa arus itu. Pasalnya, hal tersebut bisa dibuat gambaran bahwa masyarakat Bojonegoro masih banyak yang membuang sampah di sungai terpanjang di pulau jawa ini.

"Banyak sampah rumah tangga yang terlihat jelas mengapung, dan itu akan berdampak buruk pada ladang masyarakat yang berada di tepi bantaran sungai, lantaran akan rusak apabila sampah mengendap di sana," ungkap pria asal Dander ini.

Gundukan sampah yang relatif besar itu tak ayal membuat pemandangan Bengawan Solo tidak enak dilihat. Selain itu juga sangat membahayakan bagi penyedia jasa transportasi penyebrangan perahu yang masih banyak di Bojonegoro.

"Jika pengemudi perahu tidak hati-hati, bisa-bisa perahu terbalik lantaran menghantam gundukan sampah yang besar," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Warga lain, Kurniawan mengatakan, sampah tersebut seharusnya menjadi perhatian khusus pemerintah Kabupaten Bojonegoro, meskipun sampah yang terbawa arus juga ada sampah kiriman dari hulu. Disisi lain, jika sampah itu benar-benar dimanfaatkan tentunya bisa menjadi sebuah berkah.

"Di Bojonegoro kan ada Bendungan Gerak dan di sana bisa dipasang alat berat maupun yang lainnya, untuk memilah sampah yang masih mempunyai nilai jual, serta bisa memaksimalkan masyarakat sekitar untuk membantu," terang Kurniawan, salah satu mahasiswa asal perguruan tinggi di Bojonegoro ini.

Selain itu, untuk kayu yang hanyut atau biasa masyarakat bantaran bengawan menyebutnya 'sarah' yang terbawa arus juga bisa sebagai kayu bakar bagi ibu rumah tangga dan tentu bisa mengurangi pengeluaran," jelasnya [din/mu]

Tag : sampah, bengawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini