Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bencana Masih Mengintai, BPBD Himbau Semua Waspada

blokbojonegoro.com | Friday, 12 January 2018 09:00

Bencana Masih Mengintai, BPBD Himbau Semua Waspada

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Prakiraan hujan yang masih akan mengguyur Kabupaten Bojonegoro dengan intensitas cukup tinggi, bisa menyebabkan berbagai bencana seperti banjir, banjir bandang, maupun tanah longsor. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro terus melakukan berbagai persiapan apabila terjadi bencana.

Meski hujan turun tidak setiap hari, namun hal itu juga patut diwaspadai apabila intensitas cukup tinggi dengan durasi lebih dari 1 hingga 2 jam.

"Terutama apabila hujan mengguyur wilayah hutan selatan Bojonegoro, dikhawatirkan terjadi banjir bandang, karena wilayah selatan didominasi perbukitan," kata Kepala BPBD Bojonegoro, Andik Soejarwo.

Sehingga, kata Andik, pihak BPBD terus melakukan berbagai persiapan bila sewaktu-waktu terjadi bencana. "Kita sudah persiapkan semuanya, seperti memperbaiki perahu karet maupun peralatan untuk dapur umum, dan itu sudah siap digunakan sewaktu-waktu," terang Andik sapaan akrabnya.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com, pada tahun 2017 lalu, BPBD Bojonegoro mencatat banjir akibat luapan sungai Bengawan Solo terjadi dua kali pada bulan Februari. Sedangkan bencana banjir bandang terjadi sebanyak 21 kali saat memasuki musim hujan. Untuk bencana tanah longsor ada 43 kejadian dan yang paling banyak terjadi pada bulan April 2017 sebanyak 10 kali.

Sebagai upaya tanggap cepat, pihak BPBD Bojonegoro mengaktifkan jaring komunikasi masyarakat dan patroli kebencanaan dengan melakukan koordinasi cepat antar instansi, baik kecamatan maupun pemdes untuk selalu mengabarkan informasi hujan yang melanda di masing-masing wilayah. [saf/mu]

Tag : bencana, banjir, banjir bandang, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini