15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ternyata, Bermain "Smartphone" Bikin Remaja Tak Bahagia

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 January 2018 07:00

Ternyata, Bermain "Smartphone" Bikin Remaja Tak Bahagia

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Remaja dan smartphone seolah menjadi hal yang tak dapat dipisahkan. Tapi tahukah Anda, ternyata terlalu banyak bermain dengan telepon pintar tak membuat para remaja senang?

Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian di San Diego State University, Amerika Serikat. Untuk penelitian ini, para peneliti mengambil data dari satu juta siswa kelas 8, 10, dan 12 di Amerika Serikat.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa para remaja yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk memainkan smartphonenya tidak sebahagia anak-anak yang bermain di luar dan berinteraksi dengan manusia lain.

Penulis utama penelitian ini, Jean M. Twenge percaya bahwa ponsel merupakan pendorong remaja menjadi tidak bahagia, bukan sebaliknya.

"Meskipun penelitian ini tidak dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat, beberapa penelitian lain telah menunjukkan bahwa penggunaan sosial media juga menyebabkan ketidakbahagiaan, tapi ketidakbahagiaan tidak mendorong penggunaan sosial media yang lebih banyak," ungkap profesor psikologi tersebut dikutip dari Tech Crunch, Rabu (24/01/2018).

Penelitian lain yang menegaskan temuan ini adalah yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Penelitian CDC menemukan adanya lonjakan angka depresi dan bunuh diri pada gadis remaja meningkat seiring lebih banyak waktu yang mereka habiskan untuk bermain dengan ponsel.

Penelitian yang juga dipimpin oleh Twenge ini menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan setidaknya empat hingga lima jam bermain dengan ponselnya memiliki faktor risiko bunih diri yang meningkat sebesar 71 persen.

Dengan kata lain, temuan ini adalah peringatan tentang penggunaan telepon genggam pada anak-anak remaja. Apalagi, saat ini usia termuda pengguna ponsel makin menurun.

Pada 2012 usia termuda pengguna ponsel adalah 12 tahun tapi pada 2016 adalah 10,3 tahun.

Twenge yang telah mempelajari perilau remaja sejak 1990-an menyebut bahwa ada perubahan mendadak dalam perilaku dan keadaan emosional remaja karena penggunaan smartphone. Para peneliti juga mendapati kepuasan hidup remaja, harga diri, dan kebahagiaan para pemaja menurun drastis sejak 2012.

"Sejauh ini, perubahan terbesar dalam kehidupan remaja antara tahun 2012 dan 2016 adalah peningkatan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk media digital dan penurunan aktivitas sosial dan tidur," ujar Twenge.

"Kunci penggunaan media digital dan kebahagiaan adalah pembatasan penggunaan," imbuhnya.

Twenge juga menyarankan kepada remaja untuk tidak menghabiskan lebih dari 2 jam sehari dalam menggunakan ponsel. Berolahraga atau bermain dengan teman-teman secara langsung dapat meningkatkan kebahagiaan, begitu pula untuk para orang dewasa.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2018/01/26/170000323/

ternyata-bermain-smartphone-bikin-remaja-tak-bahagia

Tag : Smartphone, remaja, depresi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat