16:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   14:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   13:00 . Zahrotul Aini Peraih IPK Tertinggi yang Hobi Main Game   |   11:00 . Covid-19 Berbahaya, Pencegahan denan Vaksin dan 3M   |   10:00 . Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia   |   09:00 . Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Sudah Mencapai 458.880 Orang   |   08:00 . Warga Dusun Terpencil Boti Puji Kinerja Bupati Anna   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   06:00 . 397 Pasien di Jatim Sembuh, Kasus Baru Tambah 460 Orang   |   05:00 . 5 Pasien di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Bertambah 5 Orang   |   23:00 . Seleksi Bojonegoro FC, Dikerucutkan Jadi 30 Pemain   |   22:00 . Era Industri, Pemkab Optimalkan Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah   |   21:00 . BPBD Bojonegoro Minta Warga Waspadai Fenomena La Nina   |   20:30 . KPC PEN Gelar Webinar Kolaborasi dengan Pemkab Bahas Vaksin Covid-19   |   20:00 . Ademos Latih Timlak Patra Daya Program 2020   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 01 February 2018 22:00

Program Rastra Akan Berganti BPNT

Program Rastra Akan Berganti BPNT

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Selama dua bulan ini Beras Sejahtera (Rastra) masih akan diterimakan dalam bentuk bantuan beras. Kemudian, untuk bulan-bulan selanjutnya akan berganti menjadi Program Bantuan Non Tunai (BPNT) jika pencetakan kartu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selesai pencetakan oleh Kementerian Sosial. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Djoko Lukito, Rabu (31/1/2018).

Djoko Lukito menembahkan pada tahun 2018 Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial tetap  mengalokasikan Program Bantuan Sosial Pangan. Program Rastra akan bertransformasi menjadi BPNT di mana KPM akan menerima transfer uang sejumlah Rp.110.000,- per bulan yang harus dibelanjakan untuk 2 (dua) jenis barang yaitu beras dan telor.

"Untuk bulan Januari - Februari 2018 BPNT belum dilaksanakan, sehingga program Bantuan Sosial pangan masih berupa beras dengan kuantum 10 kg per KPM tanpa biaya tebus atau tidak membayar," terangnya.

Program BPNT tersebut, lanjut dia,  akan berlangsung apabila proses cetak kartu bagi KPM telah selesai dilaksanakan oleh Kementerian Sosial. Dijelaskan bahwa saat ini Kartu BPNT berfungsi seperti ATM, dimana KPM dapat berbelanja di e-Warung yg merupakan agen Bank, di Rumah pangan kita.

Untuk itu, lanjut dia dalam rangka ketepatan sasaran penerima manfaar agar Kepala Desa/ Lurah melakukan verifikasi dan validasi (verval) data penerima Rastra yg ada di aplikasi SIKS NG, mengingat berdasarkan evaluasi masih terdapat Desa yg belum melakukan verifikasi dan validasi data KPM penerima Rastra.

Ditambahkan, Dalam melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) agar di dahului dengan Musyawarah Desa atau Musyawarah Kelurahan untuk menentukan jika terdapat KPM yg akan diganti dan KPM penggantinya. Adapun untuk KPM yg akan diusulkan sebagai pengganti adalah KPM yg tercantum di dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Masih dalam keterangannya Assiten I mengimbau, jika di lapangan dari penerima itu ternyata dari keluarga mampu dan tidak sesuai kriteria penerima Rastra, maka pihak desa diharapkan untuk benar-benar melakukan validasi dan verifikasi secara benar sehingga bantuan ini akan tepat sasaran memang kepada mereka yang layak menerima. [top/lis]

 

Tag : bulog, rastra


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat