10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |   19:00 . Hujan Deras Disertai Angin, 4 Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional di Balen   |   18:00 . Pohon Tumbang di Jalan Nasional Akibat Angin Kencang   |   17:00 . Resmi Dilantik, PAC IPNU IPPNU Kanor Komitmen Genjot Kaderisasi   |   15:00 . Pandemi Covid-19, Ratusan TPA/TPQ Dapat BOP 10 Juta Dari Kemenag RI   |   14:00 . 2.130 Majelis Taklim di Bojonegoro Dapat Bantuan Insentif 200 Ribu Tiap Bulan   |   13:00 . Lokasi Badander Ditelisik dari Arkeologi dan Sejarah, Begini Penjelasannya...   |   12:00 . Bupati: Majelis Taklim Ikut Berperan Dalam Kekokohan NKRI   |   11:00 . Disbudpar Gelar Sarasehan Mbedander The Corner Of Majapahit   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 02 February 2018 11:00

Pengerjaan Wisata Geopark Akan Dimulai Tahun Ini

Pengerjaan Wisata Geopark Akan Dimulai Tahun Ini

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Setelah ditetapkan pada bulan November 2017 lalu, pengerjaan Geopark Bojonegoro akan dimulai pada tahun 2018 ini. Geopark sendiri di Indonesia hanya ada 10 tempat, yang salah satunya berada di Kabupaten Bojonegoro.

Geopark Bojonegoro sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu Geosite (Warisan bumi), Beosite (Berupa Agrowisata) dan Cultursite yang berisi tentang budaya yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

Untuk geosite terbagi menjadi 7 titik, yaitu Kayangan Api, Wonocolo, Kawengan, Sungai Banyu Kuning dan Gunung batu, Watu Gandul, Negeri Atas Angin (NAA) serta Cars Gajah dan Sendang Gong.

"Yang Beosite ada Agro salak, Agro Belimbing, Agro Jambu dan penangkaran rusa di Kecamatan Malo," terang Kasi Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Budaya dan Pariwisata (Diabudpar) Kabupaten Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti.

Sedangkan, untuk Cultursite (Wisata Budaya) ada Masyarat Samin yang berada di Kecamatan Margomulyo, Kubur Kalang di Kecamatan Malo dan sandur. Akan tetapi, untuk pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, lantaran anggaran APBD menagalami penundaan sebanyak 30%.

"Pembanguan beberapa Geopark tersebut ditargetkan selesai selama satu tahun dan harus menjadi geopark yang layak," lanjut perempuan yang akrab disapa Enggar tersebut.

Disisi lain, untuk pengerjaan Geopark juga ada penilainya dari Badan Geologi, Kementrian Kemaritiman, Kementrian Pariwisata, Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan beberapa kementrian lainya. Untuk saat ini, Geopark Kota Ledre hanya mendapat nilai D, masih kalah dengan geopark lainya yang mendapatkan nilai A.

Sementara itu, Wisata Little Texsas Wonocolo akan menjadi daya tarik utama dan yang lainnya menjadi wisata pelengkap. Pasalnya, Wonocolo dirasa menjadi yang paling unik dibanding dengan wisata lainnya, serta hanya satu-satunya wisata minyak yang dipunyai oleh geopark Indonesia.

"Kita juga akan bekerjasama dengan Dinas terkait untuk membangun infrastruktur maupun lainya," pungkas Enggar. [din/mu]

Status Geopark Di Indonesia:

1. Geoparak Belitung (Bangka Belitung)
2. Raja Ampat (Papua Barat)
3. Tambora (Nusa Tenggara Barat)
4. Maros-Pangkep (Sulawesi Selatan)
5. Bojonegoro (Jawa Timur)
6. Bromo-Tengger (Jawa Timur)
7. Ranah Minang (Sumatra Barat)
8. Pegunungan Dieng (Jawa Tengah)
9. Karangsambung-Gombong selatan (Jawa Tengah)
10. Sangkuriang (Kalimantan Timur).

Tag : geopark, wisata, wisata bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat