13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |   19:00 . Hujan Deras Disertai Angin, 4 Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional di Balen   |   18:00 . Pohon Tumbang di Jalan Nasional Akibat Angin Kencang   |   17:00 . Resmi Dilantik, PAC IPNU IPPNU Kanor Komitmen Genjot Kaderisasi   |   15:00 . Pandemi Covid-19, Ratusan TPA/TPQ Dapat BOP 10 Juta Dari Kemenag RI   |   14:00 . 2.130 Majelis Taklim di Bojonegoro Dapat Bantuan Insentif 200 Ribu Tiap Bulan   |   13:00 . Lokasi Badander Ditelisik dari Arkeologi dan Sejarah, Begini Penjelasannya...   |   12:00 . Bupati: Majelis Taklim Ikut Berperan Dalam Kekokohan NKRI   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 04 February 2018 08:00

Jadi Wisata Geopark, Disbudpar Akan Gandeng Ahli Geologi

Jadi Wisata Geopark, Disbudpar Akan Gandeng Ahli Geologi

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Ditetapkanya Kabupaten Bojonegoro sebagai salah satu wisata Geoapark Indonesia, pada bulan November 2017 kemarin. Tentunya, menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Bojonegoro, pasalnya tidak sembarang tempat bisa dijadikan sebagai wisata Geopark dan di Indonesia hanya ada 10 Geopark saja.

Oleh karena itu, untuk menjadikan Geopark Bojonegoro menjadi wisata yang tak kalah dengan lainya, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, akan bekerja sama dengan ahli geologi maupun geografi untuk menggali sejarah asal muasal Geopark Bojonegoro. Pasalnya, banyak wisata yang terbentuk dari hasil alam, seperti kayangan api, Watu gandul, Pengeboran minyak dan lain-lainya.

"Sekarang Geopark Bojonegoro masih mengantongi nilai D dan masih kalah dengan Raja Ampat yang mengantongi nilai A," ungkap Kasi Sumber Daya Manusia (SDM) Disbudpar Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti.

Selain itu, bagi masyarakat yang mengelola wisata tersebut, juga akan diajarkan terkait asal usul terjadinya wisata itu secara ilmiah. Sehingga, ke depanya jika ada wisatawan yang berkunjung, masyarakat yang mengelola mampu menjelaskan asal usul terjadinya wisata alam tersebut kepada wisatawan.

"Selain menyajikan pesona alam, pengelola juga bisa menceritakan sejarahnya. Kemudian, wisatawan yang berkunjung akan semakin ketagihan dengan pelayanan yang diberikan," lanjut perempuan yang akrab disapa Enggar tersebut.

Selain itu, untuk masyarakat yang mengelola wisata yang masuk sebagai Geoapark Bojonegoro itu, juga akan diajak Study tour kegunung Kidul. Ketika berada di gunung api purba tersebut, masyarakat akan belajar kebijakan yang dikelola oleh Pokdarwis gunung kidul.

Sehingga ke depannya, masyarakat mampu meniru bagaimana mengelola wisata yang bagus. Pasalnya, Gunung kidul juga sudah ditetapkan oleh Unesco sebagai warisan dunia, serta pengelolaannya yang sangat bagus.[din/ito]

Tag : Geopark, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat