Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KKN UINSA Jadikan Embung Sugihwaras Destinasi Wisata Baru

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 February 2018 23:00

KKN UINSA Jadikan Embung Sugihwaras Destinasi Wisata Baru

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Melihat banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Sugihwaras, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro Mahasiswa Universitas Islam Negeri  Sunan Ampel (UINSA) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerjas Nyata (KKN) di desa setempat, merubah embung menjadi tempat wisata baru.

Embung yang sebelumnya hanya digunakan sebagai penampungan air saja, kini diberi tempat untuk berfoto yang indah yaitu berbentuk Love and Brits. Selain memberi tempat Selfi, mereka juga melepaskan 2000 bibit ikan ke embung dengan harapan mampu dimanfaatkan kedepanya.

"Kita berinama Telaga Cinta, karena harapannya mampu menjadi impian anak muda masa depan Desa Sugihwaras," tutut salah satu mahasiswa, Amin.

Amin juga menjelaskan, metode yang digunakan untuk melihat potensi yang dimiliki oleh Desa Sugihwaras menggunakan Asset Based Comunity Driven (ABCD), yang mana dikembamgkan oleh KKN 71 UINSA. Sehingga, ke depanya Desa Sugihwaras mampu menjadi desa impian masa depan dan tentunya menjadi desa percontohan.

Sementara itu, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro sangat berterima kasih kepada Mahasiswa UINSA, lantaran turut menjadi pelopor dan menyemangati masyarakat setempat untuk membangun destinasi wisata. Yang mana, sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut.

"Semoga pengelola desa wisata setempat terus melanjutkan pengembangan sampai betul menjadi destinasi wisata yang banyak diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara," tutur Sekretaris Disbudpar, Muhammad Ridwan.

Selanjutnya, Diabudpar Bojonegoro juga berencana mensuport dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolaan, dengan memberikan pelatihan bagaimana cara mengelola desa wisata. Serta akan memberikan apresiasi terhadap pengelolaan desa wisata terbaik yang ada di Bojonegoro. [din/lis]

 

Tag : kkn, uinsa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini