15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Maraknya Makanan Berbahaya, BPOM Bentuk Tim Terpadu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 14 February 2018 16:00

Antisipasi Maraknya Makanan Berbahaya, BPOM Bentuk Tim Terpadu

Reporter: Sutopo/M Safuan

blokBojonegoro.com - Badan Pengawas Obat dan Makkanan (BPOM) menggelar kegiatan advokasi pembentukan tim terpadu daerah dan replikasi program pasar aman dari bahan berbahaya, Rabu (14/2/2018) di Ruang Creative lantai 6 Gedung Pemkab Bojonegoro. BPOM melaksanakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Retno Chatulistiani menjelaskan, pasar aman dari bahan bahaya yang disalah gunakan, dalam makanan (pangan) merupakan program yang diprakarsai oleh BPOM.

"Yaitu dalam mendukung program Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan pasar yang aman," katanya.

Diakui, Retno, pengawasan ini tak hanya tugas BPOM namun ke depan diharapkan akan memberdayakan pengawas pasar melalui petugas pasar itu sendiri.

Untuk Bojonegoro saja, lanjut dia, jumlah pasar sebanyak 90 lokasi, maka pengawasan tak semata-mata tugas Disperindag, namun membutuhkan sinergi beberapa pihak.

"Peredaran pangan dan produk lainnya di tengah masyarakat harus diawasi oleh semua pihak, sehingga keamana akan terjamin," harap Retno.

Masih kata Retno, jika penyalahgunaan bahan berbahaya di dalam makanan (pangan) itu karena beberapa faktor. "Antara lain harga yang murah dan terjangkau, kepedulian kita terhadap pangan aman masih terbatas. Bahan berbahaya pangan mudah didapatkan dan sebagian masyarakat masih menganggap enteng dampak mengkonsumsi bahan berbahaya," bebernya.

Lebih lanjut kata Retno, di tahun 2017 ini ada 139 pasar di 31 Provinsi yang akan dilakukan verifikasi dan nantinya 6 pasar akan diintervensi

"Ditahun 2013 intervensi yang dilakukan BPOM di 5 pasar, tahun 2016 ada 6 pasar, tahun 2017 ada 8 pasar. Pihaknya ditarget akan ada 500 pasar selama 5 tahun," ujarnya.

Rapat ini diikuti oleh beberapa element mulai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Satpol PP, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta PD Pasar. Acara dibuka oleh Asisten II Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono. [top/lis]

 

Tag : bpom, makanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat