19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |   15:00 . Musim Kemarau, Disnakkan Klaim Petani Ikan Sudah Panen   |   14:00 . Laga Kontra Arema Malang United Jadi Uji Coba Terakhir Persibo   |   13:00 . DPD AGPAII Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   12:00 . Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN   |   11:00 . Penetapan Caleg Tepilih, KPU Hanya Diberi Waktu Lima Hari   |   10:00 . Ratusan Guru PAI se-Bojonegoro Ikuti Pembinaan dan Halal Bihalal   |   09:00 . Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja   |   08:00 . Abimanyu Dilantik Jadi Pj. Sekda Bojonegoro   |   07:00 . Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat   |   22:00 . Awak Media Diminta Keluar Saat Liput Pelantikan, Ini Alasan Bupati   |   21:00 . Bupati Resmi Lantik Pj Sekda Bojonegoro   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 18 February 2018 17:00

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

Pengirim: Ika Fari 

blokBojonegoro.com - Bank Sampah Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan dari Pokja Desa Sehat Desa Mojoranu, Kecamatan Dander pada hari Minggu (18/2/2018). 

Rombongan ini terdiri dari 7 anggota Pokja Desa Sehat dan 8 warga Mojoranu, yang disambut ramah oleh pengelola Bank Sampah Desa Kalianyar, Eryul Mufidah beserta tim, Ketua PKK, dan perwakilan Pemerintah Desa Kalianyar.

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding untuk mendapatkan tambahan ilmu tentang pengelolaan sampah dari lembaga yang ada di RT 08, RW 02 , Desa Kalianyar.

Dalam sambutannya, Eryul mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Desa Mojoranu ke Bank Sampah yang ia kelola. Menurutnya, yang perlu dilakukan untuk pengelolaan Bank Sampah adalah sosialisasi dan memberi contoh ke masyarakat. 

"Yang penting adalah action, karena masyarakat butuh contoh bagaimana mengelola sampah,” ujarnya.

Selanjutnya, Dosen STAI At-Tanwir ini juga menjelaskan bagaimana Bank Sampah ini berdiri pada Januari 2017 lalu yang juga didanai Pemerintah Desa Kalianyar. Selain bekerja sama dengan warga, juga bekerja sama dengan pengepul. Ia juga mempekerjakan 4 orang untuk proses pemilahan sampah dan produksi kerajinan. 

Sekarang nasabah Bank Sampah yang Ia kelola sejumlah 200 orang dan telah memproduksi tas, topi, tempat tisu, tikar dan aneka produk lain dari bungkus yang tak terpakai. "Produk handmade di sini telah sering mengikuti pameran UKM di berbagai tempat di Bojonegoro," imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab atau diskusi dengan peserta studi banding. Sebagian besar peserta ingin tahu bagaimana mendirikan Bank Sampah di desa agar bisa mengurangi sampah dan memberi pemasukan bagi warganya.

Setelah acara diskusi selesai, para peserta tertarik untuk membeli produk hasil kerajinan dari Bank Sampah Desa Kalianyar untuk dijadikan oleh-oleh dari studi banding ini. [lis]

Pengirim adalah Sekretaris Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas

Tag : Kalianyar, kapas, mojoranu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat