08:00 . Nikmati CFD Lagi, Warga Antusias Olahraga di Alun-Alun   |   07:00 . Tingkat Kesembuhan Harian Nasional Menunjukkan Tren Positif   |   20:00 . 3 Orang Dinyatakan Sembuh, Tambahan 7 Positif Covid -19   |   18:00 . Ternyata di Bojonegoro Ada Pengrajin Gelang Akar Bahar   |   17:00 . Konsolidasi PPP Bojonegoro Kuatkan Kader Partai   |   16:00 . Kebijakan Mendikbud Soal Sekolah Tatap Muka   |   15:00 . Update Pembangunan Jalan Rigid Beton   |   14:00 . Persiapan Kejuaraan di Jakarta Secara Virtual,10 Atlet Karate Intensifkan Latihan   |   13:00 . Pandemi, Peserta Bimbingan Kawin Dibatasi Hanya 8 Pasang   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Turun Rp10.000   |   11:00 . Jawa Timur Bermasker   |   10:00 . Samsul Arif Berharap Persibo Bisa Naik Kasta   |   09:00 . Disdik Gowes Sambil Sambang Sekolah   |   08:00 . Usai Naik, Harga Daging Ayam Potong Turun Kembali   |   07:00 . 5 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah   |  
Sun, 09 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 18 February 2018 17:00

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

Pengirim: Ika Fari 

blokBojonegoro.com - Bank Sampah Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan dari Pokja Desa Sehat Desa Mojoranu, Kecamatan Dander pada hari Minggu (18/2/2018). 

Rombongan ini terdiri dari 7 anggota Pokja Desa Sehat dan 8 warga Mojoranu, yang disambut ramah oleh pengelola Bank Sampah Desa Kalianyar, Eryul Mufidah beserta tim, Ketua PKK, dan perwakilan Pemerintah Desa Kalianyar.

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding untuk mendapatkan tambahan ilmu tentang pengelolaan sampah dari lembaga yang ada di RT 08, RW 02 , Desa Kalianyar.

Dalam sambutannya, Eryul mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Desa Mojoranu ke Bank Sampah yang ia kelola. Menurutnya, yang perlu dilakukan untuk pengelolaan Bank Sampah adalah sosialisasi dan memberi contoh ke masyarakat. 

"Yang penting adalah action, karena masyarakat butuh contoh bagaimana mengelola sampah,” ujarnya.

Selanjutnya, Dosen STAI At-Tanwir ini juga menjelaskan bagaimana Bank Sampah ini berdiri pada Januari 2017 lalu yang juga didanai Pemerintah Desa Kalianyar. Selain bekerja sama dengan warga, juga bekerja sama dengan pengepul. Ia juga mempekerjakan 4 orang untuk proses pemilahan sampah dan produksi kerajinan. 

Sekarang nasabah Bank Sampah yang Ia kelola sejumlah 200 orang dan telah memproduksi tas, topi, tempat tisu, tikar dan aneka produk lain dari bungkus yang tak terpakai. "Produk handmade di sini telah sering mengikuti pameran UKM di berbagai tempat di Bojonegoro," imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab atau diskusi dengan peserta studi banding. Sebagian besar peserta ingin tahu bagaimana mendirikan Bank Sampah di desa agar bisa mengurangi sampah dan memberi pemasukan bagi warganya.

Setelah acara diskusi selesai, para peserta tertarik untuk membeli produk hasil kerajinan dari Bank Sampah Desa Kalianyar untuk dijadikan oleh-oleh dari studi banding ini. [lis]

Pengirim adalah Sekretaris Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas

Tag : Kalianyar, kapas, mojoranu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat