21:00 . Produsen Kurma Jawa Keluhkan Penurunan Omzet   |   20:00 . Gaungkan Seni Drama, Kata Aksara Gelar Lakon 'Pelacur Terhormat'   |   19:00 . Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Bojonegoro Gelar PKKS   |   18:00 . Rantai Distribusi Vaksin Telah Siap, Begini Alurnya   |   17:00 . Harga Bawang Merah Turun Lagi, Per Kilogram Rp30.000   |   16:00 . Masih Ada Warga yang Tak Taat Prokes saat di Luar   |   15:00 . Polres Bojonegoro Salurkan Bantuan Korban Banjir   |   14:00 . Berikut Hasil Uji Kualitas Udara di Bojonegoro   |   13:00 . Dimsum Seribuan Laris Manis   |   12:00 . Mengapa Kita Perlu Imunisasi?   |   11:00 . Pemohon Banpres BPUM Dinkop Bojonegoro Capai 31.502   |   10:00 . PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya Super Merdeka untuk UMKM   |   09:00 . Sejak Dulu Imunisasi Cegah Penyakit Menular   |   08:00 . Presiden Kutuk Terorisme di Sigi   |   07:30 . Kesembuhan Covid-19 di Provinsi ini Meningkat Pesat   |  
Wed, 02 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 March 2018 09:00

DLH: Ada Bakteri, Air Sumur Tiban Jangan Diminum

DLH: Ada Bakteri, Air Sumur Tiban Jangan Diminum

Reporter : M. Safuan
 
blokBojonegoro.com - Keberadaan air sumur tiban yang berada di Dusun Ngembet Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, yang dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro mengambil sampel air tersebut untuk diuji kandungannya.
 
Setelah mengambil sampel air sumur tersebut, DLH melakukan uji laboratorium di Mojokerto, guna mengetahui kandungan air sumur yang dirasa sangat mujarab itu, sehingga banyak masyarakat datang dari berbagai daerah untuk mengambil air guna diminum maupun mandi.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, kandungan air sumur ajaib itu dari hasil laboratorium yang telah dilakukan, air sumur tersebut mengandung bakteri, sehingga bisa menyebabkan penyakit bila diminum.
 
"Air sumur itu apabila dikonsumsi bisa berakibat sakit, kalau untuk mandi tidak apa-apa," terang Nurul sapaan akrabnya saat ditemui blokBojonegoro.com.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, bila masih percaya akan khasiat air sumur tiban itu jangan dikonsumsi. "Namun bila untuk mandi dan diperuntukan lainnya silahkan," harap Nurul Azizah.
 
Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com, uji laboratorium air sumur tiban itu, hasilnya 2,56 untuk kekeruhan, padahal untuk standar kekeruhan harus 25. Sedangkan untuk warna hasilnya kurang 0,214 padahal standar harusnya 50.
 
Untuk kandungan Besi (Fe) Larut hasilnya kurang 0,021 standarnya 1,0. Untuk kandungan mangan (mn) larut hasilnya kurang 0,102 standarnya 0,5 dan untuk timbal (pb) larut hasilnya kuran 0,0044 standarnya 0,05. Sedangkan untuk bau dan rasa harus masuk akreditasi ISO 17025-2008.
 
"Dengan adanya hasil tersebut, sebaiknya masyarakat tidak lagi meminum air sumur tiban, agar tidak menimbulkan penyakit dikemudian hari," imbau Nurul.
 
Seperti diketahui, keberadaan sumur tiban banyak didatangi warga, pasalnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, sehingga tidak hanya masyarakat Bojonegoro yang datang, namun juga banyak warga dari luar baik kota yang ada di Jawa Timur maupun Jawa Tengah. [saf/mu]

Tag : Air, sumur tiban


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat