16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pendidikan di Bojonegoro Kelak Harus Melebihi Lithuania

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 March 2018 08:00

Pendidikan di Bojonegoro Kelak Harus Melebihi Lithuania

Reporter: M. Safuan
 
blokBojonegoro.com - Penerapan kurikulum 2013 yang mengedepankan inovasi pembelajaran menekankan keseimbangan antara soft skills dan hard skills (keseimbangan antara tiga aspek yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan), membuat perwakilan negara Lithuania bidang pendidikan ingin mengetahui penerapan sistem pembelajaran di Kota Ledre.
 
"Di Bojonegoro penerapan kurikulum 2013, guru dalam memberi pelajaran kepada siswa harus bisa berinovasi terhadap pembelajaran yang disampaikan, namun sesuai dengan materi pendidikan yang telah disusun oleh pemerintah pusat," tutur Kepala Dinas Pendidikan Daerah Bojonegoro, Hanafi.
 
Hanafi menjelaskan, seperti guru dalam memberikan pembelajaran tidak hanya berada di ruangan saja, namun guru juga dapat memberi materi di alam terbuka.
 
Sementara itu, Ruta Kaupinyte Gotesman, perwakilan dari Lithuania yang merupakan lecture, social since college (SMK) menerangkan, bahwa di Lithuania kurikulum pendidikannya memang hampir sama yang diterapkan di Indonesia terlebih di Bojonegoro.
 
"Bedanya guru di negara Lithuania diharuskan membuat materi sendiri untuk disampaikan kepada siswa, bahkan jam mengajar di Lithuania dengan Indonesia berbeda," terang Ruta.
 
Ruta menambahkan, pendidikan di Lithuania lebih mengedepankan untuk mengajarkan siswa menghadapi kehidupan nyata. Sehingga siswa dituntut untuk bisa menguasai pendidikan yang diajarkan. Sekolah di Lithuania juga tidak ada ujian seperti di Indonesia. "Karena di Lithuania mereka lebih mengedepankan untuk kehidupan nyata," jelasnya.
 
Kegiatan kujungan Lithuania ini untuk mengadakan kolaborasi di bidang pendidikan dan industri yang ada di Bojonegoro. Hadir pada kesempatan itu Bupati Bojonegoro, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda Bojonegoro serta perwakilan Kepala Sekolah.
 
Bupati Bojonegoro, Suyoto menyampaikan, sembilan kunci keterampilan hidup sudah diterapkan di Lithuania. Sedangkan di Bojonegoro baru membuat peraturan tentang sembilan kunci keterampilan hidup. Hal itu menunjukkan bahwa, Lithuania sudah bisa untuk mengajarkan murid-muridnya untuk memiliki keterampilan hidup.
 
"Walaupun begitu, di Bojonegoro baru memulainya, tetap harus optimis bahwa kelak Bojonegoro bisa menyaingi Lithuania dalam memberikan keterampilan hidup bagi siswa. Meski dalam pelaksanaan masih banyak kendala, namun harus tetap optimis bisa melaksanakan sepenuhnya seperti di Lithuania," tutup Suyoto. [saf/mu]

Tag : Pendidikan, kunjungan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat