21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |   08:00 . Ayo Wisata dengan Tetap Patuh Prokes   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 10 March 2018 17:00

KI STAI Attanwir Beri Motivasi Siswa Agar Rajin Belajar

KI STAI Attanwir Beri Motivasi Siswa Agar Rajin Belajar

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Banyak cara yang dilakukan sekolah untuk menumbuhkan minat belajar siswa-siswinya agar prestasi kian meningkat, baik dalam prestasi akademik maupun prestasi nonakademik. Apalagi dampak moderenisasi zaman yang berdampak kepada para peserta didik, lantaran sering bermain gadget daripada belajar.

Melihat kondisi tersebut, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sobontoro II, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro menggandeng Kelas Motivasi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir, Talun Sumberejo untuk menanamkan motivasi tentang pentingnya semangat belajar dari dalam diri sendiri, Sabtu (10/3/2018).

Salah seorang mahasiswa, M.Khusain Rifai menjelaskan, kegiatan motivasi seperti ini sangatlah penting. Pasalnya, jika siswa diajak fokus belajar sejak dini dan menanamkan semangat belajar dari dalam diri, dampak negatif moderenya zaman akan mudah untuk ditanggulangi.

Mahasiswa semester 8 jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) tersebut merasa terkejut sekali, lantaran ketika para peserta disurvei, 80 persen dari 70 peserta yang ikut kelas motivasi sudah memilik gadget semua. Namun, hanya  difungsikan untuk bermain game maupun bersosial media saja tanpa ada pemanfaatan yang positif.

"Banyak juga siswa yang sudah pacaran, sehingga harus benar-benar diawasi oleh guru maupun para orang tua agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi," lanjut mahasiswa asal Kecamatan Balen ini.

Sehingga dalam kelas motivasi tersebut, selain diajak outbound dan refleksi, para peserta juga diberi arahan tentang pentingnya ilmu dari pada gadget dan juga pentingnya pelajaran dari pada pacaran. Sehingga, kedepannya diharapkan para siswa mampu mengetahui hal yang baik maupun buruk untuk diterapkan kepada dirinya sendiri.

"Semoga apa yang disampaiakan diterapkan oleh para siswa dan tentunya harus ada kordinasi antara guru dan orang tua untuk menerapkannya," tuturnya.

Sementara itu, satu guru setempat Chairil Nur Aini menambahkan hadirnya Kelas Inspirasi sangatlah diperlukan, apalagi dalam era melenial ini. Pasalnya, penanaman motivasi sejak dini agar siswa rajin belajar sangatlah diperlukan, sehingga adanya KI juga mampu mempermudah meraih cita-cita yang mereka impikan sejak kecil.

"Kegiatan seperti ini sangatlah diperlukan untuk pengembangan motivasi dilembaga-lembaga SD yang berada di Kota Ledre. karena juga kelas motivasi ini belum bnyak lembaga yg mengetahuinya," terang perempuan yang akrab disapa Bu Nur itu.[din/ito]
 

Tag : stai, attanwir, talun, sobontoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat