15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 March 2018 06:30

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

Pengirim: Slamet Widodo dan Muhammad Alim

blokBojonegoro.com -
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 23 tahun 2015, mulai tampak bergeliat pada lembaga pendidikan di Kecamatan Kepohbaru, khususnya di SMA Negeri 1 Kepohbaru. Berpijak dari peraturan Kemendikbud tersebut, lembaga tersebut mengadakan seminar sehari. Kegiatan itu diberi nama Seminar Sehari Bersama Komunitas Menulis yang ada di kecamatan Kepohbaru “Kita Belajar Menulis (KBM)”, pada Rabu (7/3/2018).

Kegiatan yang diadakan di halaman sekolah tersebut, dihadiri oleh ratusan peserta didik, guru dan karyawan sekolah setempat. Selain itu, beberapa siswa dari MTs Negeri 3 Bojonegoro, MA Bahrul Ulum Kepohbaru yang merupakan anggota KBM, juga turut hadir atas undangan panitia. Sebagai nara sumber dalam seminar tersebut adalah Slamet Widodo (pendiri komunitas menulis KBM) dan Sigit Priatmoko (Devisi pelatihan dan publikasi KBM).

Muhammad Alim, guru Bahasa Indonesia, adalah inisator di balik acara tersebut. Saat dikonformasi di akhir acara, pihaknya mengatakan, tujuan diadakan acara tersebut adalah untuk menanamkan karakter kepada peserta didik, terutama di bidang literasi yakni membaca dan menulis.
“Kegiatan ini sebagai bentuk awal penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan SMA Negeri 1 Kepohbaru,” jelasnya.

Tema yang diusung, lanjut Pak Alim, begitu ia disapa, adalah Penguatan Minat Membaca dan Menulis Serta Minat Belajar Siswa Sebagai Bekal Mencapai Kesuksesan. “Jadi, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa semakin giat belajar. Supaya setelah lulus dari bangku sekolah menjadi sukse orang sukses di bidangnya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Sutikno mewakili kepala sekolah, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. “Sekolah, memberikan ruang gerak seluas-luasnya kepada kalian (siswa-siswi) semua untuk berekspresi dan berkarya,” tegasnya.

Masih kata pria asli Kedung, Modo, Lamongan ini, pihaknya membagikan tips kunci untuk meraih sukses kepada peserta yang hadir. Menurutnya, kunci sukses ada tiga.  “Pertama, tentukan mimpi, target dan tujuan; ke dua hukuman (menghukum diri sendiri); dan ke tiga penghargaan untuk diri sendiri,” jelasnya.

Usai sambutan dari pihak sekolah, acara inti seminar sehari dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Menurut Salah satu nara sumber, Slamet Widodo, menuturkan bahwa menulis itu sangat mudah. “Menulis itu sangat mudah. Semudah chatting dengan kekasih hati,” jelasnya dan langsung disambut sorak sorai peserta yang seluruhnya adalah usia remaja.

Selain itu, masih kata guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro ini, menulis itu bisa membuat orang cerdas. “Menulis itu mencerdaskan,” tuturnya. Ia menjelaskan, bahwa setiap penulis akan selalu berusaha mencatat dan mengingat semua kejadian yang dialaminya. Kemudian diabadikan dalam karyanya. “Jadi, momen baik senang maupun susah saying jika terlewatkan begitu saja,” katanya.

Lain halnya dengan nara sumber kedua, Sigit Priatmoko. Menurutnya menulis itu menyenangkan. “Jadi menulis itu untuk bersenang-senang,” ungkapya.

Masih kata Dosen PAI Unisda Lamongan ini, bahwa menulis itu membuatnya liar. “Menulis membut saya liar, terbebas dari hal-hal yang wajar,” imbuhnya.

Di sela-sela acara tersebut, juga ditampilkan dua kratifitas siswa dalam bidang seni. Yakni tari Sajojo dan puisi berantai dengan tema pengorbanan berakhir senyuman.

Di akhir acara, ada empat peserta yang beruntung (berani bertanya) mendapatkan masing-masing satu buku dari narasumber. [ito]

Tag : gerakan, literasi, sekolah, sma, kepohbaru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat